The Famous BJ Cafe

Sanur, biasanya saya paling malas kesini, karena daerah ini identik dengan watersport. Saya tidak suka watersport, tapi pengecualian suatu saat pasti ada, seperti halnya kunjungan saya ke Sanur kali ini. Saya bersama nyokap memang 'harus' main ke Sanur untuk kegiatan Sea Walker.

Selesai Sea Walker sebenarnya kami sudah makan siang, tapi sengaja kami sisakan tempat di perut karena mau mampir ke satu cafe lagi. Menurut referensi-referensi yang saya baca di internet, Cafe Batu Jimbar sudah terkenal sejak lama. Terletak di kawasan Sanur yang ramai, pastinya sebuah cafe yang sudah beroperasi sejak bulan September 1991 dan tetap eksis hingga sekarang, makanannya pun enak. Oleh karena itu, dengan sengaja saya rencanakan mampir untuk mencicipi menu spesialnya.

Daerah Sanur yang dekat laut pastinya panas, apalagi hari itu pun matahari bersinar cerah ceria, siang bolong pula... tapi memasuki area Cafe BJ suasana agak teduh karena banyaknya pohon. Cafe BJ terbagi menjadi dua area yaitu indoor dan outdoor. Area indoor beratap cukup tinggi sehingga udara terasa lebih sejuk daripada di luar karena sirkulasi udara yang bagus. Di langit-langit bagian tengah digantungkan hiasan yang sangat menarik berupa cangkir-cangkir teh beserta tatakannya (dilekatkan jadi satu) digantung terbalik dengan kabel-kabel hitam yang dirangkai dari tengah. Mungkin kalau malam ini berfungsi jadi lampu membentuk sebuah "chandelier" besar. Sungguh ide yang kreatif, sederhana, tapi eye catching! Interior di dalam didominasi warna gelap yaitu hitam dan coklat tua, dengan meja-meja dan kursi-kursi kayu.




Siang itu area indoor sudah penuh, terutama karena di tengah ada meja-meja yang digabungkan jadi panjang penuh ibu-ibu bule seperti sedang arisan. Kami pun memilih area outdoor saja, tapi yang terletak di teras samping bukan di depan. Di teras samping ini lebih teduh karena lebih banyak pepohonan, dan tidak terlalu dekat dengan jalan. Sekelilingnya tembok tinggi dari susunan batu-batu bulat kecil. Ada dua meja dengan dua payung taman di ujung, tapi meja kami cukup barpayung pohon alami yang sudah pasti lebih sejuk.
My Mom at our table

Untuk makanannya, berhubung kami sudah makan sebelumnya, kami hanya memesan satu makanan saja untuk di-share berdua.. dan tentunya pilihan jatuh pada menu yang sudah terkenal ini (lagi-lagi hasil membaca referensi dan berbagai food review di internet), yaitu:

BJ Salad (IDR 55k) 
Salad ini berisi berbagai macam sayuran, diantaranya standar salad seperti wortel, buncis, lettuce, dan jagung pipilan. Selain itu isi spesialnya adalah terong (eggplant) yang di-grill, bit merah (beetroot), dan asparagus. Ketiga bahan ini memang tidak lazim kita temukan dalam salad, tapi ternyata cocok juga. Seiris roti gandum panggang yang dioles butter dan bertabur daun bawang turut menemani salad ini. Roti panggangnya renyah dan wangi, melengkapi tekstur dan rasa salad ini. Terakhir, yang menarik adalah raspberry vinaigrette sebagai dressing. Dressing ini terasa asam manis, tapi tetap ada gurih creamy-nya, berpadu pas jika dicampurkan ke salad. Saladnya jadi makin terasa segar dan berbeda dari salad-salad biasa.. tak heran menu ini jadi favorit dan khas Cafe BJ, maka dinamai sama dengan nama cafenya. Harganya tergolong tidak mahal untuk seporsi salad kelas cafe, apalagi bahan-bahan isinya pun fresh dan bermutu baik.




Untuk minumannya pun kami share segelas Juice Strawberry saja, karena khawatir kekenyangan. Sengaja kami pilih fresh juice, supaya lengkap makanan sehat kami ada sayur dan buah. Juice-nya segar, asam-manisnya pas, dan tidak pakai susu, tepat seperti yang kami minta ketika memesan tadi.

Di area indoor tengah, di bawah hiasan chandelier dari cangkir itu, terdapat area bar dan etalase berisi berbagai macam kue dan dessert yang sebenarnya sungguh menggoda untuk dicicipi. Apa daya perut tak muat lagi, jadi kami tidak bisa mencobanya. Overall pelayanannya cukup baik dan cekatan dalam melayani customer, waiter/waitressnya cukup menguasai menu. Tak menyesal khusus menyambangi Cafe BJ ini, lain kali saya masih ingin mampir lagi untuk mencoba menu-menu lainnya.


 

Cafe Batu Jimbar
Jl. Danau Tamblingan No. 75A, Sanur 80228, Bali

Phone: +62 361 287374 (restaurant), 284103 (office)
Open from: 07.00 ~ 23.00 WITA
Website: www.cafebatujimbar.com

Comments

  1. Whoaaa..... Nice review Andriani.....

    Keep up your great work!

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts