Boka Buka, Dekat Di Mata, Jauh Di Hati

Sudah lama saya mengetahui keberadaan Boka Buka French Restaurant karena lokasinya dekat rumah, tetapi belum sekali pun mampir. Mengapa? Karena saya agak terintimidasi dengan embel-embel "French Restaurant" yang identik dengan escargot, and I won't eat snail, ever! 


Boka Buka berlokasi di daerah Cipete, Jakarta Selatan, tepatnya di jalan Cipete Raya yang menghubungkan antara jalan Fatmawati dengan jalan Pangeran Antasari. Dahulu jalan ini belum seramai sekarang dan jarang ada restoran, berbeda sekali dengan sekarang dimana restoran berderet-deret di kiri-kanan sepanjang jalan, dari yang berupa kedai kecil hingga restoran franchise internasional pun ada. Boka Buka sendiri awalnya hanya menempati satu kapling kecil dengan dua lantai yang menyerupai bangunan ruko. Saya memang belum pernah masuk ke dalamnya, tapi jika saya lewat di malam hari terlihat dari luar resto ini suasananya nyaman dan berkesan romantis. Kini Boka Buka sudah pindah menempati lokasi baru yang hanya di seberang tempat lamanya. Areanya lebih luas dan berbentuk rumah bukan bangunan ruko lagi. 




Memasuki resto, terasa seperti di sebuah rumah lama bergaya klasik dengan meja dan kursi makan terbuat dari kayu berwarna gelap serta beberapa pernik etnik menghiasi ruangan. Masih terlihat jelas pembagian ruangan-ruangan asalnya seperti ruang tamu, ruang keluarga, kamar, bahkan kamar mandinya masih tetap dibiarkan seperti semula yaitu satu kamar mandi luas hanya ada satu kloset duduk, lengkap dengan shower cubicle. Terbayang kalau resto ini sedang ramai bisa-bisa antrian toiletnya panjang, nih. Ketika berjalan menuju toilet, ada yang menarik di dinding sebelah kiri lorong yaitu dua jendela kaca besar yang telah dimodifikasi menjadi rak kaca besar penuh berisi botol-botol minuman beralkohol terpajang rapi. Entah botol-botol itu hanya sekedar pajangan saja atau benar-benar penyimpanan botol minuman yang masih dijual. Sudut itu menjadi makin menarik karena kedua rak dipisahkan dinding bercat merah darah dengan lukisan hitam putih, ditambah efek pencahayaan dari taman yang masuk melalui kaca menjadikan botol-botol minuman terlihat "glowing". Cantik!




Saya suka taman belakangnya yang mengingatkan suasana di Bali dengan kolam dan banyak tanaman. Jika datang di siang hari sepertinya akan terasa adem duduk-duduk santai di tengah halaman asri dan suara gemericik air, tapi kalau sudah gelap begini sih adanya diserbu nyamuk. Antara ruangan dalam dengan taman dihubungkan oleh pintu kaca, dan tepat kita membuka pintu ada 2 patung bebek dengan ekspresi dan pose yang lucu, diletakkan di bagian bawah kiri dan kanan.. sayangnya tidak bisa saya foto karena terlalu gelap. Ada satu lagi ornamen yang menarik perhatian saya, yaitu papan catur yang ditempatkan di tengah-tengah ruangan dalam. Papan caturnya terbuat dari kayu berbingkai ukiran ornamen klasik, dan bidaknya unik berbentuk tokoh wayang Jawa. Unik juga sebuah resto Perancis didekor dengan sentuhan interior Indonesia.






Sore itu, kami para "tukang makan" yang diundang ditempatkan di
private room tak berpintu yang saya duga tadinya adalah kamar tidur karena letaknya agak di belakang. Ruangannya cukup ideal untuk 10-12 orang, dan bersebelahan langsung dengan bar sekaligus area service tempat makanan keluar. Sambil menunggu teman-teman yang belum sampai, kami disuguhkan ice tea. Tidak ada masalah dengan minumannya, hanya waitress yang menyajikannya sama sekali tidak ada basa-basi ramah, hanya datang, meletakkan minuman-minuman di meja (sekalipun mejanya belum ditempati) kemudian berlalu begitu saja. Hmm.. kesan pertama yang kurang baik. Sepanjang kami menunggu pun tidak ada pihak resto yang menemui kami untuk sekedar berbincang atau menyapa, padahal resto sedang sepi tidak ada satu pun tamu lain. 


Ketika akhirnya acara dimulai dengan dikeluarkannya menu pertama, yang menjelaskan tentang makanan sekaligus menceritakan sedikit latar belakang Boka Buka adalah asisten chef-nya. Resto ini dibuka pada tahun 2002 oleh owner yang berkebangsaan Perancis dan istrinya orang Indonesia (tidak mengherankan jika interiornya bergaya Indonesia). Mereka mempunyai teman seorang chef asal Perancis bernama Chantal, yang kemudian dipercaya sebagai head chef Boka Buka. Tahun ini Boka Buka juga membuka cabang di tempat yang sedang 'hitz' di Jakarta Selatan yaitu Street Gallery Pondok Indah Mall. Untuk arti nama Boka Buka diambil dari bahasa Spanyol yaitu boca yang berarti mulut. Arti ini juga diimplementasikan ke logo Boka Buka berupa empat kotak bergambar mulut, bibir, sendok dan garpu. Satu detail khas lagi dari resto ini adalah piring makannya semua bergambar, tidak ada yang polos. Ada yang bergambar ayam, sapi, dan ilustrasi hitam putih. Sebelum diisi makanan jadi malah asyik mengamati gambar piringnya.





DRINK

Ice Tea (IDR 17k)
Es teh dengan gula cair yang terpisah sehingga kita bebas menentukan kadar manisnya. Nothing special.
 


 

FOODS

Boka Buka Salad (IDR 55k)
Merupakan salah satu signature dish yang sudah ada sejak awal resto ini buka hingga sekarang. Porsinya tidak terlalu besar, satu porsi maksimal hanya untuk di-share berdua. Saladnya berisi lettuce, brokoli, kentang, apel, anggur red globe, potongan smoked beef, dan daun bawang dirajang halus. Dressingnya terbuat dari white vinegar, madu, dan mustard yang dicampur oregano, garam, dan black pepper. Salad berempah ini agak aneh rasanya bagi saya. Memang unik, tapi tidak match antara campuran buah yang manis dengan aroma rempah. Jika salad sayuran saja dicampur rempah masih enak, atau salad sayuran dicampur buah saya suka, tapi kalau dicampur semuanya seperti ini rasanya justru "bertabrakan". Satu hal lagi, mungkin kalau potongan smoked beef-nya digoreng sampai agak kering akan lebih enak dan ada kombinasi tekstur pada salad ini.




Cream of Pumpkin Soup (IDR 30k)
Terbuat dari labu parang dan labu kabocha yang dicampur dengan puree kentang sebagai pengikat agar supnya tidak terlalu encer/cair. Bumbunya sendiri sederhana saja, hanya dengan bayleaves dan lada-garam. Penyajiannya sangat sederhana tanpa garnish apa pun, hanya dituangi sedikit cream di tengah sup. Rasa labunya cukup kuat, agak manis dan sedikit creamy setelah cream di tengah itu dicampurkan merata dengan supnya. Overall sup ini biasa saja, 'flat' dan tidak istimewa.







Chicken with Onion Butter (IDR 80k)
Fillet dada ayam dimarinasi dengan kikkoman sauce lalu di-pan fried, disajikan dengan onion butter bersama side dish potato gratin dan sayuran rebus. Fillet ayamnya enak, terasa asin, gurih, dan cukup meresap marinasinya.. tapi sayang sekali ada bagian yang belum matang. Sayalah yang kurang beruntung mendapatkan bagian daging yang masih berwarna pink itu, dan cukup banyak jumlahnya kira-kira sepertiga dari potongan fillet yang saya ambil. Saya pun bertanya ke teman di kiri-kanan untuk memastikan daging itu benar tidak matang, bukan hanya saya yang salah lihat dan semuanya sependapat kalau itu memang tidak matang. Onion butter cukup baik karena caramelized onion-nya tidak sampai gosong, hanya mungkin butter yang digunakan terlalu banyak sehingga banyak minyak di dasar piring. Sayuran berupa buncis dan wortel rebus tergolong overcooked karena warnanya sudah agak pucat dan wortelnya patah ketika ditusuk garpu. Satu-satunya komponen yang paling enak di piring ini justru potato gratin. Potongan kentangnya cukup tipis merata sehingga semuanya matang, juga cream diantara layer-layer kentang itu terasa pas baik dari rasa dan jumlahnya.





Beef Fillet with Mushroom Sauce (IDR 98k)

Grilled tenderloin (160 gr) yang dimarinasi dengan lada garam, disajikan dengan mushroom sauceside dish potato gratin dan sayuran rebus. Ketika kami menanyakan jenis daging yang dipakai, sang asisten chef menjawab ini adalah australian beef, tetapi kami semua meragukannya. Daging yang kami makan cukup alot, tidak juicy sama sekali untuk daging yang katanya dimasak pada tingkat kematangan medium-well. Bahkan beberapa teman yang gemar makan daging berpendapat bahwa ini seperti daging rendang biasa, bukan daging untuk steak. Mushroom sauce yang memakai white wine terasa cukup creamy, tetapi malah tidak bercita rasa jamur, hanya terdapat beberapa potongan tipis jamur saja. Sayuran rebus masih sama, overcooked, seperti di menu ayam sebelumnya, dan potato gratin tetap jadi juara. Mungkin sebaiknya potato gratin ini dibuat jadi satu menu tersendiri saja, karena rasanya memang enak dan pas, jauh lebih baik dari makanan utamanya.





DESSERT 


Dame Bruxelles (IDR 40k)
Arti namanya adalah "Lady Brussel", merupakan menu dessert spesial di sini. Terdiri dari Belgian waffle dengan satu scoop es krim vanilla, siraman saus coklat, dan taburan icing sugar. Wafflenya enak karena tidak terlalu tebal, empuk, dan agak sedikit crispy di bagian luarnya. Waffle yang masih hangat cocok dimakan dengan ice cream yang dingin, berpadu dengan manisnya saus coklat. Meskipun hampir semua komponennya manis, masih ada rasa asin gurih dari waffle sehingga keseluruhan rasanya balance. Dari semua menu yang di cicipi hari ini, dessert merupakan penutup terbaik tanpa cela diantara semua menu.



SERVICE
Selain pelayanan yang kurang ramah, kami semua cukup heran dengan lamanya makanan keluar dari dapur padahal resto sedang sepi, ragam menu yang disediakan juga tidak banyak (2 appetizer, 2 main course, dan 1 dessert, masing-masing hanya 1 atau 2 porsi saja), dan kedatangan kami tentunya sudah dikonfirmasi terlebih dahulu. Jika resto ini memang well prepared dan cara kerja dapurnya profesional, rasanya tidak perlu waktu sekian lama untuk memasak semua hidangan. Di akhir acara, tidak ada penutupan dari pihak resto sama sekali. Sang asisten chef pun tidak keluar lagi menemui kami untuk menanyakan kesan atau masukan mengenai makanannya, padahal resto tetap sedang sepi seperti ketika kami datang tadi. Saya yang semula ingin komplain mengenai daging ayam tidak matang tadi pun jadi mengurungkan niat. Bahkan untuk komplain ke waitress yang membereskan piring makan saya pun sudah malas karena sikap tidak ramah mereka.

Ternyata, baik-buruknya kualitas makanan dan pelayanan suatu resto tidak bisa diukur dari lamanya masa operasional mereka. Motto mereka yang bunyinya "Eat well, laugh often, love abundantly" tidak ada satu pun yang saya rasakan malam ini... soo sad!



Boka Buka

Jl. Cipete Raya No. 1 Jakarta Selatan
(branch: Street Gallery, 2nd Fl. SG 206T Pondok Indah Mall)
Phone: +62 21 7664308
Website: www.bokabukaresto.com

Comments

Popular Posts