Cari Kerja Secara Aman, Mudah, dan Cepat? Yaa.. #GaweDulu!

Anda kerepotan karena karyawan toko tiba-tiba sakit saat sedang ramai-ramainya pembeli? Maka Anda butuh pekerja sambilan dalam waktu cepat, instan, yang bisa langsung bekerja.
Kamu mahasiswa yang kepepet harus bayar semesteran saat kiriman ortu tak kunjung di-transfer? Maka kamu perlu banget kerja sambilan yang bayarannya bisa langsung diterima saat selesai bekerja.
Anda kepala keluarga yang kena PHK massal karena perusahaan melakukan efisiensi karyawan? Tentunya akan lebih baik jika Anda bisa segera kerja sambilan sembari melamar pekerjaan tetap, karena kebutuhan hidup keluarga harus tetap dipenuhi.
Atau... kamu sekedar mau beli sepatu idaman yang sedang sale di saat keuangan sedang tipis-tipisnya sebelum gajian?Pastinya kamu akan happy kalau bisa segera dapat uang hasil kerja sambilan sebelum sepatu incaran kamu dibeli orang.
Situasi seperti di atas (dan berbagai kondisi yang kurang lebih serupa) sangatlah umum terjadi, terutama di kota-kota besar dengan dinamika kehidupannya yang begitu tinggi. Di tengah kondisi perekonomian di negara kita, bahkan di dunia, yang cenderung tidak menentu, hal-hal tidak menyenangkan terkait kondisi keuangan bisa saja terjadi, kapan dan pada siapa saja.

Berangkat dari kondisi tersebut, tiga orang pendiri Gawe melihat peluang besar untuk menjembatani supply and demand terkait masalah pekerjaan. Adalah Elroy Hafidi Hardoyo (CEO), Kurniawan Aryanto (co-founder), dan Budiarto Harsono (co-founder) yang memiliki ide cemerlang untuk membuat suatu aplikasi yang menghubungkan pemberi kerja dengan pencari kerja melalui aplikasi Gawe, sebuah karya anak bangsa yang memfasilitasi kebutuhan akan pekerjaan sampingan atau paruh waktu. 

Bagi pemberi kerja, aplikasi ini sangat bermanfaat terutama untuk mencari pekerja lepas/harian secara cepat, sesuai kebutuhan, dengan pembayaran upah yang telah diatur oleh sistem Gawe. Kalangan usaha kecil menengah yang tiba-tiba kebanjiran order bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk mendapatkan pekerja hanya pada saat dibutuhkan saja, tanpa harus menggaji secara kontrak (bulanan/tahunan) sehingga menghemat overhead cost.

Bagi pencari kerja, aplikasi Gawe dapat diandalkan dalam mencari informasi pekerjaan secara cepat, sesuai dengan kemampuan dan nominal upah yang diinginkan. Pekerja pun merasa lebih aman dan nyaman dalam bekerja karena sistem pembayaran diatur melalui aplikasi, sehingga terhindar dari kemungkinan ditipu atau tidak dibayar sesuai kesepakatan.

Aplikasi maupun website pencarian kerja online memang sudah banyak tersedia di luaran sana. Lalu apa keunggulan Gawe? Bagi kedua belah pihak, aplikasi yang dibuat oleh PT Karunia Karya Bangsa ini memiliki kelebihan:
  • Bersifat real time, merupakan kelebihan utama dimana pemberi kerja bisa langsung mendapatkan pekerjanya dengan cepat dan tepat, sedangkan bagi pekerja pun bisa mulai bekerja sesegera mungkin
  • Fokus pada pekerja paruh waktu/sambilan yang lebih flexible
  • Pekerja tidak perlu modal/skill (ijazah, gelar) untuk dapat bekerja, hanya perlu menyesuaikan antara kemampuan dan jenis pekerjaannya

Untuk memanfaatkan aplikasi, langsung download dengan mengetik keyword Gawe di Google Playstore (saat ini baru tersedia untuk Android saja). Buat akun dengan menggunakan nomor handphone yang valid dan aktif (karena harus di-verifikasi). Setiap saat kita akan login, diperlukan verifikasi ulang dengan memasukkan kode yang dikirimkan melalui SMS ke nomor handphone kita yang terdaftar di Gawe.

Setelah akun berhasil dibuat, lengkapi profil kita dengan data-data yang diperlukan serta foto diri dan foto KTP yang masih berlaku. Setelah data lengkap, maka kita siap untuk menelusuri menu-menu yang ada di dalam aplikasi.

Sebagai pencari kerja, pilih tab: CARI KERJA
Terdapat lima menu utama dalam bagian ini.
  • Home: di paling atas terdapat keterangan Status kita sebegai pekerja (real time) dengan tombol yang bisa digeser (slide), namun hanya berfungsi jika akun kita telah terverifikasi seluruhnya. Geser tombol ke kanan jika kita telah siap bekerja.
  • History: data atau rekam jejak pekerjaan yang pernah kita lakukan. Dilengkapi dengan  Detail Transaksi yang berisi rincian pekerjaan yang telah dilakukan
  • Help: panduan penggunaan aplikasi baik sebagai pencari kerja maupun pemberi kerja. Tercantum juga nomor Call Center yang dapat dihubungi jika kita mengalami masalah.
  • Profile: Menampilkan data lengkap kita yang diperlukan untuk dapat mengakses semua menu secara penuh. Jika data belum lengkap, maka akan ada menu-menu yang tidak berfungsi.
  • Social: menampilkan para pengguna yang terbagi dalam dua kategori yaitu New Users (pengguna yang baru mendaftar) dan Online (sedang aktif).


Sebagai pemberi kerja, pilih tab: CARI PEGAWAI
Tampilan menu agak berbeda dengan kategori pencari kerja.
  • Home: Halaman utama dengan background kuning terang ciri khas Gawe. Terdapat tombol "Hire" yang dapat langsung digunakan untuk mengisi detil tenaga kerja yang dibutuhkan.
  • Hire More: Jika kita klik menu ini maka akan langsung masuk ke halaman "Cari Tenaga Kerja" dan mulai mencari tenaga kerja sesuai kebutuhan. Di bagian atas kanan tetap tampil menu "Hire More" untuk mencari lebih dari satu tenaga kerja pada waktu yang bersamaan.
Di samping kiri menu Home, terdapat menu dropdown dengan lima tab ke bawah, yaitu:
  • Kredit: digunakan untuk pencarian tenaga kerja. Kita bisa menambah kredit dengan cara Top Up (membeli) atau share aplikasi Gawe untuk medapat kredit secara gratis.
  • History: daftar tenaga kerja yang pernah di-hire
  • Help: menu bantuan dan nomor Call Center yang dapat dihubungi
  • News: berisi artikel-artikel tentang tips seputar mencari tenaga kerja yang tepat
  • Menu Utama: untuk kembali ke halaman depan



Aplikasi Gawe terbukti dapat diandalkan. Kebetulan ibu saya sedang perlu pekerja untuk membersihkan dan merapikan area pekarangan rumah karena akan digunakan untuk acara Posyandu keesokan harinya. Ketika saya gunakan menu cari pegawai, responnya cepat dan pekerja yang saya butuhkan bisa segera dihubungi melalui fitur chat untuk mempermudah dealing. Pekerja bisa segera datang karena aplikasi ini mencari kandidat pekerja yang radiusnya dekat dengan lokasi tempat kerja. Alhasil, pekerjaan terselesaikan dengan baik dan cepat, kedua pihak pun puas. Thanks to Gawe!

Pssstt.. sampai dengan 31 Desember 2017 kita semua berkesempatan memenangkan iPhone 7 dari Gawe, lho! Caranya mudah banget, cukup dengan membagikan (share) mengenai aplikasi Gawe melalui berbagai social media channel yang kita miliki, sebanyak-banyaknya! Untuk mempermudah, langsung klik dari aplikasimu saja!

Mau kerja? Ya.. #GaweDulu!

Comments

Popular Posts