Kompas Gramedia Fair 2014




Sebuah undangan tiba di meja kerja saya; dari Gramedia Printing rupanya, salah satu partner penting yang sudah cukup lama menjalin kerja sama dengan kantor saya.

Acara Talk Show ini diadakan sebagai bagian dari Kompas Gramedia Fair 2014. Apa itu KG Fair? Rasanya saya pernah mendengar beritanya entah kapan dan di mana, tetapi belum pernah menghadiri atau mengunjungi secara langsung. Terus terang saya jadi ingin tahu, terlebih lagi dengan undangan untuk menghadiri acara talk show yang diadakan oleh Gramedia Printing ini.


4 April 2014

Berangkatlah saya ke venue di JCC bersama si bos bule, head department saya yang juga diundang oleh Gramedia Printing. Ternyata untuk kantor kami memang hanya diberikan dua undangan saja, jadi terpaksalah saya nebeng mobil si bos, masih lebih baik daripada berangkat sendirian.. hehehe

Tiba di Assembly Hall, tempat acara masih sepi, karena memang kami tiba sebelum waktu yang tertera di undangan. Pameran di dalam hall tampaknya semarak dan cukup ramai pengunjung, tetapi karena tidak enak dengan si bos, jadilah saya ikut menunggu di sekitar tempat talk show. Kebetulan rekan dari Gramedia Printing yang meng-handle kantor kami -yang saya kenal baik- ternyata sudah datang, maka kami menunggu acara dimulai sambil ngobrol santai. 





Meskipun agak terlambat dari jadwal semula, acara akhirnya dimulai dengan pembukaan oleh perwakilan Gramedia Printing yang bertindak sebagai MC. Pembukaannya singkat saja, dan tanpa berlama-lama langsung dihadirkan pembicara talk show "Efficient Printing For Creative People" yaitu Anne Dameria. Bagi yang belum mengetahui siapa beliau, Ibu Anne adalah seorang praktisi di industri grafika, khususnya dalam bidang percetakan. Spesialisasi beliau adalah digital color proofing. Bersama perusahaan yang beliau dirikan tahun 2003, Link & Match Graphic, Ibu Anne memberikan pelatihan dan jasa konsultan di bidang color management, digital prepress, dan press. Informasi lengkap mengenai Link & Match Graphic bisa dilihat di website http://www.link-match.com



Dari pembawaan dan cara Ibu Anne dalam menyampaikan materi, terlihat bahwa beliau sudah berpengalaman dan sangat menguasai bidangnya. Beliau lebih banyak sharing dengan membagikan beberapa contoh kasus yang pernah beliau alami untuk menjelaskan materi agar lebih mudah dipahami.

Materi yang disampaikan oleh Ibu Anne yaitu seputar teknologi cetak beserta kelebihan dan kekurangan masing-masing, serta update informasi tentang teknologi terbaru yang berkembang saat ini. Pengetahuan ini lebih bersifat umum dan tidak terlalu detail sehingga orang awam pun bisa memahaminya sebagai tambahan pengetahuan.







Satu informasi yang menurut saya penting dan belum pernah saya ketahui sebelumnya adalah mengenai Standar Toleransi Warna. Ternyata dalam percetakan ada standar baku untuk mengukur tingkat kemiripan warna hasil cetakan yang disebut Delta E. Good info!



Tak ketinggalan ditampilkan informasi ukuran kertas standar yang umum dipakai dan beredar di pasaran. Masalah kertas sering dianggap sepele, apalagi oleh klien yang sama sekali "buta" soal urusan percetakan, padahal ukuran kertas ini bisa sangat mempengaruhi harga atau keseluruhan biaya cetak.



Ibu Anne menutup presentasi hari itu dengan sebuah quote yang menurut beliau dikirimkan via email secara langsung oleh Steve Jobs, "Stay hungry, stay foolish." Quote yang singkat namun sangat bagus maknanya, yaitu hendaknya kita selalu ingin tahu, tidak cepat puas diri, dan selalu ingin belajar. Well noted!


Talk show ini memberikan pengetahuan dan informasi secara gars besar dalam hal cetak-mencetak. Bagi masyarakat yang sama sekali awam dalam dunia grafika tentunya menjadi tambahan pengetahuan, sedangkan bagi yang sudah bergelut di bidang grafika dan desain bisa mendapatkan update informasi. Bagi beberapa orang beruntung masih ada tambahan "perolehan" yaitu hadiah doorprize, dan beruntungnya saya termasuk satu diantaranya. Dari beberapa hadiah doorprize yang diundi langsung oleh Ibu Anne, saya mendapatkan salah satunya meskipun bukan hadiah utama. Ini cukup langka terjadi, karena biasanya saya kurang beruntung dalam hal undian berhadiah. Yeayy!

Usai pembagian doorprize, acara segera dibubarkan karena sudah melampaui waktu yang ditetapkan dan venue akan segera dipakai untuk acara berikutnya. Dengan demikian berakhirlah acara talk show ini.



Credit to Ms. Fiskha, who appeared in this photo ;)
Beranjak dari tempat acara, saya bersama Ms. Fiskha, rekan dari Gramedia Printing yang tadi telah saya sebutkan di atas,  sempat berkeliling ke seluruh area pameran di dalam Assembly Hall JCC. Semakin sore pameran semakin ramai pengunjung, dan di dalam hall ternyata ada panggung-panggung lain dengan acara masing-masing. Terdapat booth aneka produk dari Kompas Gramedia Group dan tentunya pameran buku mendominasi KG Fair ini. Bagi penggemar buku bisa puas berbelanja dengan banyaknya diskon yang ditawarkan. Saya pun senang karena bisa mendapatkan sebuah buku yang memang sedang saya incar (dan saya butuhkan) dengan diskon sebesar 70%! Benar-benar saya sedang beruntung hari ini, a lucky Friday!

Tahun depan saya ingin berkunjung lagi ke KG Fair, karena rekan saya menginformasikan bahwa acara ini pasti diadakan setiap tahunnya.

See you next year!

Comments

Popular Posts