Mpok, Nyak, Yuk Naik Bus TransJakarta Khusus Perempuan!

"Duh, ketahuan deh saya kudet banget!"

Sebagai pengguna bus TransJakarta, bisa-bisanya saya baru mengetahui bahwa ada bus khusus untuk penumpang perempuan, setelah hampir tujuh bulan berlalu. Yup, bus bernuansa pink-putih ini ternyata sudah mulai dioperasikan bertepatan dengan Hari Kartini pada tanggal 21 April 2016 lalu. 

Saya menaiki bus ini tanpa disengaja, bahkan saya tidak tahu kalau ini bus khusus perempuan. Saya naik dari Harmoni hendak menuju Blok M. Seperti biasa saya berdiri di bagian antrian khusus perempuan. Ketika pintu bus terbuka, anehnya hanya sedikit dari perempuan-perempuan yang mengantri di depan saya yang menaiki bus tersebut (padahal biasanya berebutan naik, apalagi saya lihat bus tidak penuh, bahkan tidak ada penumpang berdiri). Saya melenggang naik dan langsung mendapatkan tempat duduk. Ketika sudah di dalam bus pun tak langsung saya menyadari bahwa ini bus spesial. Tengok kiri, depan, belakang (saya duduk di deretan sebelah kanan, dan bangku di kanan kosong).. eh.. penumpangnya perempuan semua, nih! Rasa penasaran saya segera terjawab ketika bus berhenti di salah satu halte dan petugas on board (tentunya perempuan juga yaa..) meneriakkan dengan tegas "Khusus wanita!". Hmm.. rupanya ada calon penumpang pria yang mau nyelonong naik karena melihat kondisi bus yang lengang.. hehehe..




Nuansa pink terlihat mendominasi di bagian luar bus, sedangkan di bagian dalam hanya pada warna bantalan bangku tempat duduk penumpang (bukan keseluruhan bangkunya). Bus yang saya naiki ketika itu kebetulan hanya bus single, bukan bus gandeng. Susunan bangku penumpang pun menghadap ke depan semua seperti bus umum biasa, tidak seperti kebanyakan bus TransJakarta yang tempat duduknya menyamping. Saya hitung jumlah tempat duduknya, total terdapat 29 bangku penumpang dan area berdiri yang cukup luas, termasuk satu space khusus untuk kursi roda di bagian depan kanan.






Ketika bus akhirnya sampai di terminal Blok M, saya sempat sedikit bertanya kepada sang petugas on board. Ternyata bus khusus perempuan memang masih sedikit jumlahnya, baru sekitar 10 armada saja dan melayani rute koridor 1 (Blok M-Kota) serta 1 rute lagi yang beliau sebutkan tetapi saya tidak mengingatnya karena bukan rute yang familiar saya naiki. Setelah turun dari bus saya sempatkan memotret bagian luar bus, dan saya baru melihat kalau ternyata sopirnya seorang bapak. Lhaa... kok malah sopirnya yang bukan perempuan? Yah, mungkin sopir Transjakarta yang perempuan sedang ijin malam mingguan semua karena ini memang hari Sabtu sore.. hahaha...





Anyway, hadirnya bus TransJakarta khusus perempuan ini sangat baik dan bermanfaat bagi kaum hawa di ibukota yang cenderung sibuk bahkan hingga larut malam, karena bus beroperasi mulai pukul 05.00 hingga 22.00. Naik bus khusus perempuan tentunya lebih aman dan nyaman, sehingga kita tidak perlu ragu untuk menggunakan transportasi umum. Semoga ke depannya bus khusus perempuan terus menambah armada dan bisa mencakup semua rute TransJakarta.


Kalau sudah disediakan bus yang aman dan nyaman seperti ini, jangan disia-siakan ya!
Yuk, none-none Jakarte, kite naik bus rame-rame!


Comments

  1. wow, busnya unyu banget warnanya pink. jadi lebih aman dong ya kalo satu bus isinya perempuan semua

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba lbh nyaman & aman, sayangnya jumlah busnya masih jarang & ga semua rute ada.. hehe.. semoga ke depannya sih ditambah lagi... Makasih udah mampir yaaa

      Delete

Post a Comment

Popular Posts