Candu Belanja Online di Zalora

Pengalaman adalah guru yang terbaik.
Pengalaman baik maupun buruk pasti memberi pembelajaran bermanfaat di kemudian hari.
Saya percaya hal ini benar adanya, termasuk dalam urusan belanja.

Terutama belanja ONLINE.

Yup, dunia online memang kian hari makin tidak dapat dipisahkan dari kehidupan kita sehari-hari. Semua serba online. Termasuk belanja online yang sedang hitz di Indonesia. Tak dapat dipungkiri, belanja online sangat membantu dan memudahkan bagi masyarakat perkotaan yang ingin serba praktis dan cepat. Ditambah lagi di kota-kota padat penduduk seperti Jakarta, faktor macet di jalan membuat konsumen semakin nyaman memilih metode belanja online. Tinggal pilih-pilih barang di website, bayar secara online, kemudian cukup duduk manis di rumah menunggu barang datang.

Saat ini hampir semua barang dan jasa bisa dibeli secara online, salah satu yang paling banyak ragam dan penjualnya adalah barang-barang fashion. ZALORA sebagai salah satu toko fashion online terbesar di Indonesia hingga kini tetap eksis dengan koleksi yang selalu up-to-date dan penawaran menarik alias diskon.



Berbicara mengenai diskon, ada sebuah pengalaman menarik yang membuat saya semakin yakin berbelanja online di Zalora. Secara kebetulan saya melihat banner iklan Zalora yang menginformasikan sedang ada diskon khusus produk jam tangan. Iseng, saya masuk ke website www.zalora.co.id karena ingin melihat koleksi jam tangan yang ditawarkan. Surprise, jam tangan incaran saya tersedia, dan termasuk yang di-diskon! Langsung beli? Tunggu dulu!

Saya bukanlah pembelanja yang impulsif. Meskipun tawarannya menggiurkan, tetap harus dipertimbangkan masak-masak sebelum tombol "beli" ditekan. Kebetulan saya sudah pernah men-survey beberapa counter penjualan resmi di mall untuk merk jam ini, jadi saya sudah mengetahui harga jualnya. Ok, fine, harga normal di Zalora sama dengan di counter resmi. Tambahan lagi motif dan warna strap (tali jam) yang saya inginkan justru tersedia di Zalora. Satu pertimbangan penting lagi, di keterangan produk tercantum barang ini langsung dijual oleh Zalora bukan dari para reseller. Saya percaya Zalora tidak akan mempertaruhkan reputasi baiknya dengan menjual barang branded yang tidak original, 'kan?



Diskon yang saya peroleh memang kelihatannya tidak besar, hanya 20%. Tapiii.. di counter resminya sendiri malah tidak pernah ada diskon, karena merk ini masih agak jarang yang mengimpornya masuk ke Indonesia. Untuk harga jam diatas 2 juta rupiah, diskon 20% terasa lumayan nilainya. Dengan semua pertimbangan di atas, saya pun memutuskan mengambil tawaran menarik dari Zalora. Deal!

Ketika menyelesaikan proses pembayaran, saya mendapati fakta menarik lagi. Ternyata ada diskon khusus di hari KAMIS untuk pembayaran menggunakan kartu kredit MasterCard sebesar 7%. Diskon ini secara otomatis akan masuk di sistem (mengurangi nominal pembelian) jika kita memilih metode pembayaran menggunakan kartu kredit MasterCard, tanpa perlu memasukkan kode voucher seperti diskon yang 20% tadi. Saya jadi semakin gembira, karena akhirnya bisa mendapatkan fashion item idaman dengan harga yang sangat "miring" secara tidak terduga.



Pembelian beres, kini tinggal menunggu barang datang. Saya melakukan pembelian di hari Kamis dengan alamat pengiriman ke kantor. Sempat agak khawatir jika barang datang di hari Sabtu saat kantor libur sehingga tidak bisa langsung saya terima. Ternyata... pesanan saya tiba keesokan harinya di hari Jumat. Cepat sekali, ya! Saya lihat pengirimannya menggunakan ZDEX (Zalora Delivery Express) yaitu jasa pengiriman yang dikelola Zalora. Sangat memuaskan, pesanan tiba dengan selamat dan cepat meskipun saya membeli dengan diskon besar dan tanpa tambahan ongkos kirim. This is the best experience ever!

Pengalaman belanja online seperti ini memang bisa menjadi "candu", apalagi dengan pengalaman menyenangkan seperti yang saya alami. Embel-embel DISKON, SALE, atau BAZAAR memang menjadi magnet utama dalam berbelanja, apalagi belanja online. Toko online berlomba-lomba memberikan diskon besar demi menarik minat konsumen untuk berbelanja. Penghujung tahun adalah waktu yang tepat berburu diskon, apalagi dengan adanya event pesta diskon terbesar yang bernama HarBolNas. Apakah itu?



Bagi Anda yang belum tahu, Hari Belanja Online Nasional (HarBolNas) awalnya dipelopori oleh Zalora pada tanggal 12 Desember 2012 (12.12.12) dan hingga kini "dirayakan" setiap tahunnya di tanggal 12 Desember. Tentunya untuk HarBolNas 2015 Zalora telah mempersiapkan penawaran fantastis dengan diskon lebih dari 50% untuk berbagai produk fashion berkualitas. Tak perlu repot berdesakan memburu barang diskon di mall, cukup gunakan smartphone atau komputer untuk berbelanja. Praktis!

Mau belanja online hemat dan puas seperti pengalaman saya?

Yuukk.. jangan sampai melewatkan pesta diskon terbesar yang hanya setahun sekali ini! Segera download aplikasi Zalora di smartphone atau bookmark www.zalora.co.id di komputer Anda. Demi lancarnya misi belanja Anda di HarBolNas yang dinanti semua orang, mungkin beberapa tips ini bisa dipraktekkan:
  • Pastikan koneksi internet Anda tidak bermasalah. Cek masa aktif, kuota, dan kualitas signal sebelumnya. Jangan sampai proses pembelian tersendat atau malah gagal karena masalah koneksi internet.
  • Jika Anda belum mempunyai akun di Zalora, segeralah mendaftar! Toh, saat berbelanja nanti Anda juga harus mempunyai akun untuk menyelesaikan pembayaran. Tidak ada ruginya menjadi member, justru banyak keuntungannya. 
  • Ada baiknya melihat-lihat dulu barang incaran yang Anda inginkan. Masukkan ke dalam Wishlist untuk memudahkan Anda meninjaunya kembali nanti. 
  • Dari semua barang dalam Wishlist, pertimbangkan mana yang benar-benar cocok untuk Anda. Baca baik-baik semua keterangan dan perhatikan detail foto produk. 
  • Bandingkan harga! Jika Anda pemburu diskon sejati, membandingkan harga pasti sudah menjadi kebiasaan. Cek harga di toko online lain atau di toko/counter resmi jika perlu.
  • Jika barang incaran stock-nya sangat terbatas, kadang kita harus sedikit "niat" dalam berburu. Tunggu sampai jam 00.00 dan siap sedia klik tombol "beli" sebelum keduluan orang lain.. hehehe..
Good luck and happy shopping on HarBolNas!

Comments

Popular Posts