Mencicipi Hidangan Yunani di Mykonos Bali


Satu lagi, sebuah review lama dari kunjungan saya di tahun 2010 ke sebuah restoran Yunani yang berada di Bali.


Dulu sekali, Mykonos pernah ada di Cilandak Town Square. Sayangnya sebelum saya kesampaian mencoba sudah keburu tutup dan sekarang hanya ada di Bali. Tentunya, ketika berkesempatan ke Bali saya sengaja mengunjunginya, apalagi lokasinya pun di daerah ramai yang strategis yaitu Oberoi. Restorannya sendiri tampak sederhana, dan agak panas (gerah) padahal saya datang saat malam hari untuk dinner, gimana kalo siang hari yah? Meskipun ruangannya tidak terlalu besar, tapi penuh dengan meja dan kursi sehingga dapat menampung banyak orang juga, namun malam itu sedang tidak ramai. Dekornya cenderung sederhana, klasik, dan bernuansa homey. Rupanya memang ingin dibuat agar seperti sebuah rumah di pedesaan Yunani. Pencahayaan di resto dibuat 'warm' dengan menggunakan bohlam kuning yang tak terlalu terang sehingga makin menyerupai suasana di rumah. Sempat mati listrik pula saat kami menunggu makanan datang-dan tidak ada genset, untunglah tidak lama sudah menyala kembali.. sehingga kami tidak perlu makan dalam gelap.

Berhubung lumayan 'buta' dengan makanan Yunani, cukup lama kami membolak-balik buku menu yang (untungnya) ada fotonya. Sebenarnya banyak yang ingin dicoba, tapi mengingat daya tampung perut terbatas, kami pun hanya memilih tiga dari beberapa menu incaran.

Sahanaki (IDR 30k)
Melted feta cheese with tomato, oregano, garlic, dill, and olive oil 
Dilihat dari komposisinya, menu ini tergolong sebagai makanan pembuka yang tidak 'berat'. Rasanya asin, gurih, creamy, juga harum rempah-rempah, tak lupa sebutir olive yang asin sebagai garnish sederhana. I know, I know.. penampilannya memang terlihat berantakan seperti bubur yang sama sekali tak cantik, tapi ternyata rasanya enak. Penggemar keju pasti menyukainya, karena feta cheese disini terasa cukup dominan tapi masih balance berpadu dengan tomat segar dan rempah-rempah yang aromanya enak.




Mykonos Gyros (IDR 55k)
Pocket pita bread yang berisi daging babi, dibungkus bersama lettuce, onion, tomat, dengan dressing tzatziki sauce. Pocket pita bread ini saja sebenarnya sudah cukup mengenyangkan, apalagi masih ditambah side dish berupa french fries. Wow, main course ini memang enak dan benar-benar mengenyangkan! Porsinya besar, kalau sendirian saya tak akan sanggup menghabiskannya.




Mixpikilia (IDR 35k)
A plate of mixed appetizer yang terdiri dari greek olive (tengah bawah yang berwarna coklat), feta cheese (berbentuk dadu), humus (di atas feta), tzatziki (tengah atas dengan taburan dill), melitzanes, dolmathes, dan mix salad (berupa potongan ketimun dan tomat yang tersebar sebagai pembatas tiap jenis appetizer). Menu ini cocok sekali buat kami yang memang mau mencoba berbagai jenis makanan Yunani. Dalam satu piring ada 7 macam appetizer khas Yunani yang hampir semuanya enak. Paling unik adalah dolmathes karena dibungkus dengan daun anggur yang teksturnya kesat dan agak kasar berserat. Baru kali ini kami mencoba makan daun anggur nih.. Satu yang saya kurang suka adalah humus karena memang saya tidak terlalu menyukai tekstur chick beans. Ini hanya selera pribadi loh ya.. hehehe..


Berikut detail dari beberapa nama appetizer di atas sebagai informasi yang mungkin berguna:
- Dolmathes: grape leaves with rice, dill, yoghurt, olive oil
- Tzatziki: yoghurt with cucumber, garlic, dill, olive oil
- Humus: chick beans with tahini, lemon, dill, garlic, olive oil
- Melitzanes: eggplant with feta cheese, lemon, dill, garlic, olive oil

Overall, I love greek food! Enak dan cocok di lidah saya karena bahan-bahannya pun basically saya suka, misalnya feta cheese, olive, dan olive oil. Soal harga, very worth the price! Kalau dibandingkan dengan pasaran harga di Jakarta, ini sungguh tidak mahal dan sesuai dengan yang kita dapatkan. Pelayanannya memang masih perlu ditingkatkan, karena masih seperti kafe rumahan yang belum profesional. Lain kali pasti ingin kembali lagi untuk mencoba menu lainnya.


Mykonos Greek Restaurant Bali
Jl. Laksmana 52, Seminyak, Oberoi, Bali 80363
Phone: +62 361 733253

Comments

Popular Posts