[Instant Noodle] Nissin Ramen UFO


Tulisan UFO itulah yang menarik perhatian saya ketika pertama kali melihat kemasan mi instan di sebuah swalayan produk impor Jepang di kawasan Jakarta Selatan.



Warna merah terlihat dominan pada pembungkus mangkuk plastik mi instan. Tulisan UFO terpampang besar dan jelas menandakan ini adalah nama varian produknya. Di bawahnya terdapat tulisan kepanjangannya "Unidentified Flying Object" berwarna putih -kecil di atas dasar merah. Wah, apa hubungannya dengan UFO, ya? Apakah isinya aneh atau unik sampai dinamai UFO?



Mari kita cermati lebih lanjut...
Kemasan yang berupa mangkuk berarti ini adalah jenis mi instan yang cukup dituang air mendidih tanpa perlu dimasak di atas kompor atau microwave lagi. Artinya, lebih mudah dan praktis memasaknya. Terdapat tulisan "Fried Ramen" yang berarti jenis mie goreng tanpa kuah (juga terlihat pada foto) dan merupakan mie ala Jepang (diperjelas dengan tulisan di bagian bawah "Rasa Saus Jepang"), serta warna merah memberi kesan pedas/panas (diperkuat dengan adanya gambar sachet bertuliskan "Spicy mayo"). Menarik!



Ketika saya membalik kemasan, terdapat keterangan komposisi (ingredients) dan petunjuk cara memasak. Jika dilihat lebih teliti lagi, di bagian samping kemasan terdapat informasi nilai gizi serta kepanjangan lain dari UFO. Ternyata oh ternyata... UFO pada mie ini kepanjangan dari Umai-Futoi-Okii yang merupakan bahasa Jepang.
  • Umai = lezat (delicious), kelezatan dari resep ramen khas Jepang dengan spicy mayo.
  • Futoi = tebal (bold), mie yang tebal serta tekstur yang chewy dan smooth berpadu sempurna dengan bumbunya.
  • Okii = besar (big), porsi besar yang akan memuaskan rasa lapar.

Masih penasaran dengan isinya?
Lebih baik langsung kita buka agar bisa segera dinikmati yah..



Pada penutup mangkuk plastik (yes, bukan bahan styrofoam!) terdapat penutup dengan petunjuk bernomor yang jelas dan mudah dimengerti. Saya perhatikan benar dan mengikuti petunjuknya satu persatu. 


  • Jadi, pertama-tama tutupnya dibuka hingga setengah bagian mangkuk saja (ada garis pembatas) untuk mengeluarkan sachet bumbu-bumbu dan garpu plastik kecil di dalam mangkuk. Ada 4 sachet yang kita dapat. 2 sachet transparan berisi minyak campur kecap dan satunya berisi cabai kering bubuk. Satu sachet berisi bumbu bubuk serta satu sachet lagi bertuliskan spicy mayo seperti yang tergambar di kemasan.

  • Tuangkan air mendidih ke dalam mangkuk hingga batas garis, rapatkan kembali tutupnya, dan tunggu 4 menit.
  • Buang/keluarkan air dengan membuka bagian atas penutup mangkuk. Yup, kemasan mie UFO ini telah menyediakan "Turbo Drain System" yang menyatu dengan penutup mangkuk mie. Kira-kira seperempat bagian atas penutupnya terdapat bagian berlubang yang berfungsi menyaring sehingga kita dapat membuang air tanpa khawatir mie tumpah atau ikut terbuang. Praktis banget!
  • Tuangkan minyak, bumbu bubuk, spicy mayo, dan taburan cabai kering. Aduk hingga tercampur rata dengan mie.


Selesai, deh. Waktunya makaannn!


Eh, rasanya unik, lho... Jarang saya makan mie ramen dengan rasa dan aroma seperti ini, *maklum, saya 'mah biasanya makan mie instan sejuta umat yang full micin tapi lezat tak terkira ituuu... hehe.* 

Asin, manis, pedas, dan seberkas rasa asam dapat saya rasakan ketika menyantap ramen UFO. Unik, tidak biasa, dan mungkin memang inilah cita rasa ramen (goreng) Jepang yang sesungguhnya!

Tekstur mie ramen-nya sendiri cukup lembut namun tidak spongy seperti yang biasa saya temukan pada mie instan berkemasan styrofoam. Saya ikuti persis petunjuk yaitu direndam air panas selama 4 menit dan hasilnya ternyata pas selera saya. 


Sempat saya agak khawatir karena telah kepedean menuangkan seluruh isi spicy mayo plus cabai kering bubuk ke dalam mangkuk. Takut kepedasan. Saat mencicip suapan pertama, ah, ternyata ga terlalu pedas. Masih kalah pedas dengan beberapa mie instan pedas selera lokal *big grin*



Nissin UFO
Net Weight: 100 grams
Country of origin: Indonesia

Comments

Popular Posts