Traktir Hemat Cara Smart Berkat AlaCarte

Dulu, saya cukup sering jalan-jalan berdua dengan Mama. Mulai dari travelling ke luar negeri, dalam negeri, maupun cukup dalam kota saja. Kegiatannya bisa shopping, window shopping, atau sekedar traktir Mama di restoran atau cafe.


Sekarang, tidak lagi. Kenapa?
Pertama, kini waktu dan tenaga Mama semakin terbatas. Semenjak Ayah saya sakit dan menggunakan kursi roda, Mama harus merawatnya secara ekstra. Kami berdua jarang bisa pergi berdua karena waswas meninggalkan Ayah sendirian di rumah. Kalaupun bisa, hanya bepergian yang dekat dan sebentar saja.

Kedua, sejak menjadi full time freelancer, saya harus lebih cermat mengatur pengeluaran sebab proyek belum banyak/lancar (btw kalau ada yang mau kasih proyek bisa langsung contact saya, ya... >> promosi). Budget untuk hiburan harus diturunkan prioritasnya, intinya harus pintar-pintar berhemat.

Jadi tak menikmati hidup? Ohoo, tentu tidak!
Bagi saya dan Mama, berhemat bukan hal baru. Kami sudah terbiasa merencanakan pengeluaran, dan tidak pernah kebablasan dalam membelanjakan uang (ini saya belajar dan mencontoh dari Mama). Berburu promo dan diskon sudah "mendarah daging" buat saya dan Mama, namun untuk dimanfaatkan seperlunya lho, bukan malah belanja membabi buta.

Di kehidupan "zaman now" yang modern dan serba digital, mencari dan memperoleh info promo jadi semakin mudah. Tak ketinggalan hadirnya berbagai platform "diskonan" yang menyediakan penawaran menarik di berbagai lini: F&B, beauty, fashion, travel, kesehatan, hingga aneka ragam jasa. Mulai dari yang berbentuk print out voucher hingga yang menggunakan aplikasi alias paperlessSaya pribadi paling suka (otomatis paling sering) memanfaatkan diskonan restoran. Sebagai foodies, saya selalu penasaran mencoba beragam makanan di tempat yang berbeda-beda. Sangat jarang saya sengaja makan di tempat yang sama berulang kali (kecuali jika makan bersama keluarga besar yang seleranya konservatif). Pengecualian untuk Mama yang seleranya sama dengan saya. Diajak makan macam-macam dan dimana pun hayuk aja, cucok khannn?

Diantara beberapa aplikasi diskonan yang sudah saya coba, ada satu yang oke punya nih. AlaCarte namanya. Belum tahu? Belum jadi member? Heyy.. kemana aja? Baiklah, semoga tulisan ini bisa jadi sedikit pencerahan.


Berikut adalah cara penggunaan AlaCarte:

Pertama dan utama, pastikan sudah ada aplikasinya di HP Anda. Belum ada? Cus, buruan download AlaCarte disini. Daftar untuk membuat akun dan ikuti prosesnya hingga akun terverifikasi, setelah itu Anda akan mendapat kesempatan satu kali mencoba penawaran secara gratis.

Ketika aplikasi dibuka, terdapat dua menu utama yaitu “Dining” dan “Lifestyle & Retail”. Saya lebih dahulu memilih menu Dining.


Pada halaman utama menu Dining terdapat rekomendasi Top Picks yang sudah dipilihkan oleh AlaCarte berdasarkan popularitas atau tempat-tempat yang baru dibuka. Jika ingin mencari secara spesifik pilih icon search di kanan atas, kemudian ketik keyword yang diinginkan (misalnya nama area, jalan, atau mall). Kalau masih kurang terseleksi, klik icon filter di kanan search box. Disini kita bisa menyortir berdasarkan lokasi, tipe restoran, tipe makanan, dan range harga.


Kebetulan sedang berada di Mall Grand Indonesia, pilihan saya jatuh ke restoran Benedict. Pada laman restoran akan tampil informasi mengenai restorannya (alamat, telepon, media sosial, peta lokasi), daftar menu, serta penawaran yang tersedia. Klik icon mata (di kiri button “Available”) maka akan tampil pilihan menu yang berlaku untuk setiap jenis penawaran yang ada.

Penting diperhatikan, penawaran hanya berlaku jika kita datang minimal BERDUA, ya! Jadi untuk setiap dua orang yang hadir bisa redeem satu penawaran, berlaku kelipatan hingga maksimal 6 orang (bisa redeem maksimal 3 penawaran sekaligus dalam satu transaksi). Lebih jelasnya bisa klik button Rules of Use pada halaman utama menu Dining.


Klik button Redeem jika sudah yakin benar akan menggunakan penawaran tersebut, sebab satu penawaran hanya bisa digunakan sekali. Dalam proses redeem kita akan diminta memasukkan 4 digit password, kemudian merchant (pihak restoran) pun akan diminta memasukkan password mereka. Setelahnya akan tampil Reference Code yang biasanya akan dicatat oleh pihak restoran. Klik Next dan redeem selesai, langsung deh pesan menu yang diinginkan. Penawaran “1 For 1” artinya jika kita pesan 2 menu hanya membayar 1 menu saja. Menu yang digratiskan adalah yang harganya sama atau lebih rendah. Lumayan banget, ‘kan?


Selesai menikmati hidangan pilihan, kita diminta untuk mengisi review singkat mengenai pengalaman kita di merchant tersebut. Klik button Complete untuk mengakhiri seluruh proses redeem dan bisa kembali ke laman restoran. Perhatikan di kanan atas AlaPoints kita sudah bertambah dari redeem yang baru saja diselesaikan. Klik button untuk melihat detil AlaPoints kita. Poin ini gunanya untuk “menebus” kembali penawaran yang sudah kita pakai agar bisa digunakan berulang. Contohnya di restoran Benedict perlu 500 AlaPoints untuk redeem ulang penawaran yang baru saya pakai. Penjelasan mengenai apa itu AlaPoints dan cara mendapatkannya bisa dilihat di laman AlaPoints.
 


Mungkin Anda ragu, apakah benar-benar dapat gratis satu menu? Bhaique, ini buktinya. Kemarin saya pesan menu Eggs Royale (IDR 100k), Steak Frites Benedict (IDR 95k), dan satu minuman. Ketika menerima bill, terlihat bahwa pesanan yang harus dibayar hanya Eggs Royale dan minumannya saja. Jadi promonya no tipu-tipu, yah!



Happy dengan makanan yang enak dan promo yang bikin hemat, saya sampai lupa berfoto sebelum makan! Baru ingat setelah semua makanan kami ludes. Alhasil saya dan Mama berfoto di depan restoran saja deh, wefie pula.. Terlihat 'kan muka-muka bahagia kami? Hehehe...

Sudah makan kenyang, mau cari penawaran lain yang tidak berhubungan dengan makanan? Coba klik menu Lifestyle & Retail. Di menu utamanya juga terdapat rekomendasi Top Picks yang cukup beragam, dari beauty treatment, spa, kebugaran, hingga kelas martial art pun ada! Berbeda dengan kategori restoran, disini penawarannya berupa diskon hingga 50%. Jangan lupa lihat detil dan cara kerja penawaran di menu Rules of Use, ya. 



Pssttt… dua merchant ini target utama saya berikutnya, penasaran banget mau coba!



Udah? Udah. Cukup sekian "pencerahan" dari saya.

Kalau mau merasakan pencerahan sebenarnya silakan menikmati AlaCarte secara LANGSUNG untuk keuntungan yang hqq.

Yakin tidak mau coba?
Yakin tidak mau download aplikasinya?
Yakin tidak mau berhemat cara smart?

Comments

Popular Posts