Re.juve, Produk Lokal Kualitas Internasional Dengan Teknologi Terdepan

1. Sudah pernah mendengar produk minuman Re.juve?
2. Atau malah sudah pernah mencoba produknya?
3. Sudah tahu cara pembuatan produk Re.juve dan kelebihannya?

Kalau saya yang ditanya, jawabannya:
1. Sudah cukup lama saya mengetahui Re.juve, sekitar awal 2015 dan saat itu variannya masih belum banyak.
2. Tentunya saya sudah pernah mencoba beberapa jusnya, dari yang perpaduan jus buah saja hingga yang campuran buah-sayur. Buktinya terpampang di medsos saya, kok.. silakan lho kalau mau di-cek dan ricek.
3. Tadinya saya hanya tahu sebatas: jus ini dibuat dengan metode cold press, alami dan segar tanpa tambahan pemanis maupun pengawet. Tak pernah terpikir untuk mencari tahu lebih lanjut mengenai cold press dengan segala kelebihannya. Sekarang, saya tahu lebih banyak! Bagaimana bisa?


Tanggal 12 Desember 2018 (12.12 -di saat orang-orang sedang sibuk berburu promo Harbolnas) saya beruntung dapat mengunjungi pabrik Re.juve di Cikupa, Tangerang. Pada kesempatan ini Re.juve mengadakan peresmian Cold-Pressed Facility dengan teknologi High Pressure Processing (HPP). Metode cold-press mungkin sudah banyak yang menggunakan, namun Re.juve dibawah PT Sewu Segar Primatama menjadi yang pertama di Indonesia dan ASEAN yang berinvestasi dengan mesin HPP. Turut meresmikan fasilitas ini adalah Menteri Perindustrian RI, Airlangga Hartarto dan Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy. 




Mengenal Teknologi HPP
Jika metode pengawetan lain biasanya dengan cara pemanasan atau menambah bahan pengawet, teknologi HPP mematikan bakteri melalui proses tekanan tinggi (setara 6000 bar/87000 psi) dengan suhu dingin. Saat diproses di mesin HPP produk minuman sudah berada dalam kemasan tertutup dan kedap air sehingga menurunkan resiko kontaminasi karena tidak ada kontak langsung terhadap kandungan produk. Dua keuntungan utama dari teknologi HPP adalah:
- Mampu mempertahankan cita rasa, nutrisi, maupun tekstur produk
- Memperpanjang masa pajang (shelf life) hingga enam kali lebih lama

Menteri Airlangga Hartarto meninjau langsung mesin HPP
Setelah melalui proses produksi berteknologi canggih dan higienis, Re.juve berani menjamin produknya 100% segar karena setiap botolnya terbuat dari hampir 1 kg buah dan sayur, murni tanpa tambahan air, gula, pemanis buatan, atau pengawet, serta 100% alami karena menggunakan bahan mentah tanpa proses pemanasan.

Proses Produksi
Dalam kunjungan ke pabrik Re.juve ini saya berkesempatan menyaksikan langsung tahap-tahap pembuatan produk minuman. Pengunjung dapat melihat setiap tahap pembuatan produk dari awal hingga akhir (namun tidak diijinkan mengambil gambar), tidak ada yang ditutupi atau dirahasiakan, karena Re.juve benar-benar berkomitmen menjaga kualitas produknya.

Tahapan produksi terbagi dalam beberapa ruangan yang berurutan. Setiap karyawan (atau siapa pun yang memasuki ruangan tersebut) wajib mengenakan pakaian khusus dan masker agar ruangan tetap bersih dan higienis. Suhu ruangan pun stabil pada derajat tertentu untuk menjaga kesegaran dan nutrisi produk. Berikut adalah tahapan produksi yang berlangsung di setiap ruangan:
  • Ruangan pertama adalah tahap pre wash, yaitu proses pencucian awal bahan-bahan (sayur/buah/umbi) menggunakan air RO (reverse osmosis) secara manual. 
  • Selanjutnya di ruangan kedua bahan-bahan akan dimasukkan ke mesin pencuci yang menggunakan air klorin, kemudian akan dibilas sekali lagi menggunakan air RO kembali. 
  • Masuk ruangan ketiga, bahan-bahan yang telah bersih akan dikupas atau dipotong kemudian ditimbang sesuai kebutuhan takaran setiap jenis resep minuman.
  • Ruangan keempat adalah tempat proses utama pembuatan jus menggunakan mesin cold press.
  • Jus yang dihasilkan kemudian dibotolkan di ruangan kelima. Hingga saat ini proses bottling memang masih dilakukan secara manual, namun ke depannya Re.juve akan segera menambah mesin khusus bottling agar dapat meningkatkan kapasitas produksinya.
  • Ruangan terakhir merupakan tempat mesin canggih yang baru di-launching, yaitu mesin High Pressure Processing (HPP) 
Varian Produk
Jika dahulu saya baru mencoba produk jus buah-sayur saja, kini Re.juve telah memiliki berbagai varian yang dapat dipilih sesuai selera dan kebutuhan. Pilihan produknya terdiri dari beberapa kategori:
- Classic Line
- Signature Line
- Organic Line
- Hydrating Elixirs
- Nut Milk
- Blended Coconut Smoothies
- Smoothies
- Grab and Go Snacks


Dari varian produk yang tersedia sekarang, saya telah mencoba hampir setiap jenisnya. Untuk produk minuman overall rasanya enak, racikan komposisinya balance sehingga rasa yang dihasilkan dapat diterima di lidah saya yang tergolong cukup “sensi”. Bahkan pada jus yang dominan sayuran seperti Dazzling Kale, aroma “langu” atau pahitnya sayur sama sekali tidak terasa. Kalau minumnya Re.juve, tidak perlu lagi minum jus sayur sambil tutup hidung!


Kalau boleh saya memberikan pendapat, satu kekurangan dari Re.juve adalah belum adanya pengolahan sampah produksi, yaitu sisa-sisa (ampas) sayur dan buah yang telah di-press. Sangat disayangkan, padahal sampah tersebut merupakan sampah organik (dan bersih!) yang sangat mudah dimanfaatkan atau didaur ulang. Sebaliknya, sampah yang sebenarnya berharga itu jika dibuang begitu saja akan benar-benar menjadi sampah yang hanya akan memenuhi TPA. Ada baiknya jika perusahaan segera mengubah “treatment” terhadap sampah utama tersebut agar lebih bermanfaat bagi lingkungan. Jika tidak ingin repot mengolah sampah itu sendiri, perusahaan dapat bekerja sama dengan pihak atau organisasi yang bisa/biasa memanfaatkan sampah organik. Alangkah baiknya jika sebuah perusahaan tak hanya menghasilkan produk yang bermanfaat bagi manusia, namun sampahnya juga bermanfaat bagi lingkungan. Setuju?

Comments

Popular Posts