Egoisme Makan Shabu-Shabu Di Dolar Shop Resto

Sejujurnya, saya kurang suka makan shabu-shabu. Pertama, apalah istimewanya hanya sup dengan isi sayuran dan daging, cara memasaknya pun tinggal cemplang-cemplung saja. Kedua, saya paling malas berebutan bahan isian yang dimasak dalam satu hot pot untuk seisi meja. Kesal ‘kan kalau bahan yang kita masukkan, eh.. setelah matang dengan enaknya diambil oleh orang lain yang tidak mau ikut memasak, dan biasanya dalam satu meja ada saja yang ngeselin seperti itu. Belum lagi sumpit milik seisi meja (yang sudah dipakai makan) bergantian masuk ke hot pot, rasanya kurang higienis, ya? Saya malas berbagi jika caranya demikian. Saya egois? YA, untuk urusan makan shabu-shabu.



Seakan “mengakomodasi” keegoisan saya tersebut, Dolar Shop Resto hadir memberi solusi dengan individual hot pot. Yup, restoran ini sengaja menyediakan hot pot berukuran personal yang pas untuk satu hingga dua orang saja. Tujuannya sejalan dengan “masalah” saya saat makan shabu-shabu, yaitu agar setiap orang bisa bebas memilih bahan dan memasak sesuai keinginan, serta agar lebih higienis. Senangnya!


Dolar Shop Resto merupakan franchise restoran hot pot favorit yang berpusat di Shanghai, dengan 45 cabang tersebar di beberapa kota besar. Nama "Dolar" berasal dari "Doulau", dimana kata "Lao" dalam bahasa China berarti memancing, sehingga dapat diartikan mendatangkan uang/keuntungan yang melimpah. Demikian penjelasan dari Rosa She, sang owner yang berasal dari China.



Dolar Shop Resto di Jakarta resmi beroperasi pada 15 April 2015, dan menjadi cabang pertama di luar China. Dibukanya restoran di luar China ini membawa misi menghadirkan the real Chinese shabu-shabu dengan suasana yang nyaman, modern, dan elegan. Desain interior restoran dan perabotan makan dipilih menggunakan nuansa klasik natural untuk memberikan kesan nyaman namun elegan. Selain area dining berkapasitas lebih dari 100 orang, Dolar Shop Resto mempunyai VIP dan VVIP room berkapasitas 9-15 orang, serta area bar berkapasitas 20 orang yang buka hingga larut.



Bicara shabu-shabu, kuah (soup base) menjadi yang utama. Jika biasanya hanya ada satu, dua, ataupun tiga macam pilihan kuah, Dolar Shop Resto menyediakan sembilan macam pilihan kuah (original, tonic, tonic mushroom, curry, tomato, spicy, spicy fish, special fish, tonic fish). Lengkap dan membuat Anda tidak bosan datang ke sini berulang-ulang.

Baso menjadi bahan isian shabu-shabu yang istimewa karena dibuat sendiri (home made). Ada dua jenis baso yang tersedia di sini.
Baso Halus
Bentuknya kecil-kecil, seperti baso di luaran pada umumnya. Baso halus terdiri baso sapi, baso udang, baso ikan, dan baso cumi. Untuk baso sapi, bisa dipilih lagi baso sapi biasa, baso sapi keju, dan baso sapi Australia. 




Baso Cincang
Bentuknya lebih besar, hampir seperti patty daging. Baso cincang juga tersedia varian sapi, udang, ikan, cumi dan ada yang dicampur dengan jamur atau kombinasi semua seafood.




Di samping baso yang menjadi andalan, Dolar Shop Resto mempunyai beragam pilihan menu, diantaranya:
Kaki Kambing Kecil (a la carte: IDR 78k)
Daging bagian kaki kambing diiris tipis dan masih fresh, hanya perlu dicelupkan ke dalam kuah mendidih selama 1 menit untuk membuatnya matang. Dagingnya empuk dan juicy.




Mix Vegetable and Mushroom (a la carte: IDR 64k)
Porsi lengkap dan pas untuk penggemar sayuran dan jamur. Berisi beberapa macam  sayuran dan jamur yang dipastikan semuanya segar dan bermutu baik.




Makan shabu-shabu rasanya kurang lengkap tanpa tambahan saus untuk memperkaya cita rasanya. Tak tanggung-tanggung, tersedia satu meja khusus berisi aneka saus dan condiment. Konsumen bisa mengambil dan meracik sendiri saus serta condiment yang diinginkan, atau dibantu pramusaji. Dari aneka saus yang ada, saus utama adalah soy sauce yaitu semacam kecap asin racikan khas Dolar Shop Resto. Rasanya tidak terlalu asin dan sedikit gurih, sangat cocok untuk mencelup daging dan sayuran yang sudah dimasak dalam kuah.





Selain menu ala carte yang dapat dipilih sesuai selera, Dolar Shop Resto menyediakan tiga macam Set Lunch Menu yang sudah lengkap dan lebih hemat. Set Lunch Menu hanya berlaku pada hari Senin hingga Jumat (week days) mulai pukul 11.00 - 15.00 (lunch time). Salah satu Set Lunch Menu inilah yang sudah saya coba pada kunjungan pertama ke Dolar Shop Resto.


Set Lunch C (IDR 175k ++)
Isi Set Lunch Menu C

Original Soup (a la carte: IDR 22k)
Pada menu seharusnya set menu C menggunakan spicy fish soup, namun karena satu dan lain hal saya mendapatkan original soup. Tak apa, karena menurut saya saat pertama kali mencoba ada baiknya mencicipi kuah yang paling “basic”. Sengaja saya menyeruput kuahnya setelah bahan isian dimasukkan agar kaldu daging dan sayuran menambah cita rasa pada kuah. Hmm.. kaldu terasa light, gurih namun tidak berlebihan. Terasa bahwa kaldunya asli, bukan dari penyedap rasa.





Handmade Noodle (a la carte: IDR 24k)
Mie buatan Dolar Shop Resto ini enak. Teksturnya tidak terlalu kenyal, dan terasa berbeda karena baru dibuat, fresh dan sehat karena tanpa bahan pengawet. 





Mixed Ball (a la carte: IDR 98k)
Berisi 4 macam baso halus (sapi, udang, ikan, cumi). Dari keempat macam baso, saya paling suka baso udang. Saat digigit (dan dikunyah) masih terasa crunchy daging udang, yang berarti baso ini tidak terlalu banyak campuran tepung dan udangnya pun segar. Semua baso overall enak, bahkan baso sapinya sekalipun, padahal biasanya saya tidak suka baso sapi, lho!

Special Mixed Beef (a la carte: IDR 98k)
Berisi dua macam daging sapi yang sudah diiris tipis. Daging bermutu baik dan masih segar, sehingga setelah dimasak dalam kuah mendidih pun rasanya empuk dan gurih. Disarankan segera memasak semua daging agar kesegarannya terjaga, dan jangan terlalu lama dicelupkan dalam kuah agar tidak over cooked




Fish Fillet (a la carte: IDR 52k)
Ikan yang digunakan adalah ikan dory, tetapi saya mendapati sedikit aroma "bau tanah" padahal seharusnya ikan dory tidak ada aroma seperti itu. Ketika saya menanyakan pada chef, ternyata memang demikian karena menggunakan jenis ikan dory lokal. Meskipun demikian dapat dipastikan dagingnya masih segar dan tetap enak.





Mixed Tofu
Terdiri dari 2 macam tahu yaitu tahu Jepang (tahu sutra bertekstur halus, warna lebih putih) dan tahu Cina (warna kekuningan, tekstur agak berpori). Rasanya seperti tahu biasa saja, lebih enak jika dicocol ke aneka saus condiments sesuai selera.

Mixed Vegetable (a la carte: IDR 50k)
Berisi antara lain selada, tang O, pocay, dan sawi putih.

Oyster Mushroom (a la carte: IDR 40k)
Jamur tiram berwarna putih yang bentuknya tipis melebar. Setelah direbus dalam kuah enak dimakan dengan saus kecap asin.

Fresh Egg (a la carte: IDR 8k)
Telur ini untuk ditambahkan ke dalam kuah shabu-shabu sehingga terasa lebih gurih dan "rich". Saya lebih suka memasukkan telur sedikit demi sedikit sambil kuah diaduk sehingga telur menjadi serabut halus yang bercampur di kuah.

Ice Tea (a la carte: IDR 10k)
Menggunakan Chinese tea yang tidak terlalu pekat namun justru enak diminum setelah menyantap shabu-shabu.


Suasana restoran yang bersih dan nyaman ditemani alunan lagu Mandarin, dan pelayanan yang ramah dan sigap melengkapi kenikmatan makanan yang memang sudah enak. Sungguh pengalaman makan shabu-shabu yang menyenangkan bagi saya, terutama karena adanya individual hot pot yang tidak ditemukan di tempat lain. Kini makan shabu-shabu tak lagi saya hindari karena sudah ada Dolar Shop Resto yang siap memenuhi "keegoisan" saya.


Dolar Shop Resto
Apartemen Mediterania Gajah Mada
Jl. Gajah Mada 174 Penthouse TUD 16, Jakarta 11130
Tel. +62 21 633 6880-82
Facebook: DOLAR SHOP RESTO Shanghai Shabu Shabu     
Twitter: @DolarShop
Website: www.dolarshop.co.id

Comments

Post a Comment

Popular Posts