#Xperiencebig With Foodpanda And Istanbul Turkey Resto

Sebuah email masuk ke inbox saya, dari Foodpanda, berisi voucher diskon untuk pemesanan makanan. Nominalnya memang tidak besar, tetapi cukup membuat saya tertarik melihatnya lebih lanjut. Saya memang berlangganan newsletter dan terdaftar menjadi member Foodpanda, entah sejak kapan saya pun lupa, dan belakangan memang agak sering mendapat email promo-promonya. Biasanya hanya saya baca sekilas bahkan hanya membaca subject emailnya saja lalu menekan tombol delete. Kali ini saya teringat, nanti sore akan lembur di kantor yang artinya harus sedia makan malam agar tidak kelaparan. Sebuah ide pun terbersit... pesan makanan online!


Di kota besar dengan level kemacetan parah seperti Jakarta, delivery service makanan sangat membantu, bahkan menjadi solusi di saat lapar, sibuk, dan malas... (malas masak, malas naik-turun lift di kantor, malas berjalan atau berkendara ke restoran, dan terutama malas bermacet ria hanya untuk membeli makanan). Kebetulan saya sedang memenuhi ketiga "kriteria" tersebut, maka tak ada salahnya mencoba pesan makanan menggunakan Foodpanda.


Bagi Anda yang belum tahu, Foodpanda adalah penyedia jasa pemesanan makanan secara online yang telah beroperasi sejak tahun 2012 di lebih dari 40 negara di dunia. Di Indonesia sendiri, luas cakupan Foodpanda meliputi Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Bali, Medan, dan Makasar. Melalui Foodpanda, kita bisa memesan makanan dari berbagai restoran pilihan secara online atau melalui aplikasi mobile yang dapat diunduh dari Apple AppStore, Google Play, dan Microsoft Phone Store. Dengan berlangganan newsletter, keuntungannya kita akan selalu update dengan berbagai penawaran yang ada, misalnya diskon atau voucher pada hari-hari tertentu. Saat akan memesan makanan pertama kali, barulah diharuskan untuk register karena Foodpanda memerlukan data-data untuk validasi pesanan kita.

Berikut langkah-langkah MUDAH memesan makanan di Foodpanda:


Tak perlu bingung jika Anda belum memiliki pilihan restoran yang akan dipesan, cukup mengakses www.foodpanda.co.id dari browser atau langsung dari email blast dengan klik button hijau "Pesan Sekarang". Pilih kota, masukkan nama area atau kode pos tempat Anda berada saat itu, dan pilih dari scroll down list yang paling tepat/mendekati. Klik button hijau "Find restaurants".




Di halaman selanjutnya akan tampil nama-nama restoran yang melayani delivery ke daerah Anda. Pilihan bisa di-filter berdasarkan jenis makanan atau kategori lain yang diinginkan, misalnya restoran yang gratis biaya delivery, menerima online payment, atau yang menerima voucher (seperti yang saya pilih). Klik "Go to menu" pada restoran yang Anda inginkan.


ATAU
Bagi Anda pengguna OpenRice bisa memilih restoran seperti biasa dari website atau mobile app OpenRice. Temukan dan klik button merah dengan logo Foodpanda di sebelah kiri agak bawah, maka Anda akan langsung terhubung dengan laman restoran tersebut di Foodpanda. Anda belum tahu OpenRice? Aww, you're soo yesterday, lah... OpenRice adalah situs informasi restoran dan panduan kuliner terdepan di indonesia. Berbagai informasi restoran tersedia di OpenRice, lengkap dengan review pengalaman pengunjung mengenai suatu restoran. Sangat berguna agar Anda tidak salah pilih restoran.




Pilih menu makanan yang ingin dipesan dengan menekan button hijau "+" di samping harga, kemudian otomatis akan masuk pada daftar pesanan di kanan atas, lengkap dengan perincian harga, biaya delivery, pajak, dan service (jika ada). Setelah selesai memilih, klik button hijau "Proceed to checkout".q



Teliti sekali lagi pesanan Anda, pastikan tidak ada yang kurang atau salah. Jika masih ada yang belum sesuai, bisa kembali ke halaman sebelumnya dengan tombol back pada browser dan perbaiki pesanan Anda. Jika semua pilihan sudah benar, pilih tanggal dan jam pengiriman yang dikehendaki. Bagi yang memiliki voucher diskon/promo, masukkan kode voucher dan klik button hijau "+" di sampingnya agar nilai voucher masuk (mengurangi) ke perhitungan harga total. Klik button hijau "Checkout" untuk melanjutkan proses pemesanan.


Sebagai contoh, kode voucher saya adalah "lovemonday3" sesuai yang tertera di email promo. Jangan lupa perhatikan masa berlaku dan syarat ketentuan untuk setiap promo, ya...



Selanjutnya, masukkan data-data Anda seperti nama, nomor telepon, email, dan alamat pengiriman. Jika sudah mempunyai account Foodpanda sebelumnya, cukup Log In dengan username dan password Anda; namun jika belum bisa register melalui link di bagian ini. Pilih cara pembayaran dan jumlah uang kembalian yang diinginkan jika Anda membayar tidak dengan uang pas. Pastikan semua data sudah akurat dan sesuai keinginan Anda, lalu klik button hijau "Place order now" di paling bawah untuk men-submit pesanan Anda.




Pemesanan selesai! Tibalah pada bagian akhir yaitu halaman konfirmasi. Jika proses berhasil maka akan tampil review pesanan Anda beserta Nomor Order. Sebaiknya catat nomor ini sebagai antisipasi jika dibutuhkan untuk konfirmasi atau seandainya ada masalah pada pesanan Anda.





Sekitar satu jam sebelum waktu pengiriman yang dikehendaki, saya ditelepon oleh Customer Service Foodpanda yang mengkonfirmasi pesanan. CS tersebut juga akan menginformasikan seandainya ada keterlambatan pengiriman karena situasi jalan atau alasan lainnya. Untuk pesanan saya dikonfirmasi dapat tiba tepat waktu karena lokasi restoran memang tidak terlalu jauh dan tidak melewati daerah macet. Secara hampir bersamaan, masuk email konfirmasi ke inbox saya yang sekali lagi merangkum daftar pesanan dan alamat pengiriman. Ok, semua beres, saya tinggal menunggu makanan diantar.





Mendekati waktu pengiriman, kurir Foodpanda sudah datang membawakan pesanan saya.  Kurirnya ramah dan sopan, berseragam rapi, lengkap dengan delivery box beridentitas Foodpanda. Makanan terbungkus rapi dan masih hangat saat dikeluarkan dari delivery box. Setelah pesanan saya terima dengan lengkap, kurir menyerahkan bon (nota), dan saya membayarnya. Simple, cepat, dan makanan siap disantap. Saya salut dengan ketepatan waktu pengantaran yang justru lebih cepat dari seharusnya. Sangat berbeda dengan layanan delivery langsung dari restoran yang pernah mengecewakan saya karena super telat.





Tanpa menunggu lama, saya membongkar paket makanan dari Istanbul Turkey Restaurant & Cafe. Agak heran dengan restoran pilihan saya? Hahaha.. selera saya kadang memang agak nyeleneh bagi sebagian orang. Kebetulan restoran ini masuk dalam area pengantaran plus berlaku voucher Foodpanda, dan saya belum pernah mencoba hidangan khas Turki atau makan di restoran Turki sebelumnya. Lokasi restoran di daerah Ampera yang terkenal sering macet pun membuat saya agak malas datang langsung untuk dine in atau take away. Nah, disinilah "kegunaan" Foodpanda, bukan?




Semua menu pesanan saya dikemas rapi dan terpisah. Tak ketinggalan disertakan sendok garpu plastik, tissue, dan wet tissue. Benar-benar lengkap dan well prepared.
Baiklah, saya sudah cukup lapar, saatnya mencicipi!


Sambosa Cheese (IDR 30k)

Baked pastry with savory fillings, spiced potatoes, onions, peas, and cheese



Lima buah sambosa ditempatkan dalam kotak styrofoam dengan taburan parsley yang dicincang halus. Bagian luarnya berwarna golden brown cantik, terlihat menggiurkan untuk segera dimakan. Pada gigitan pertama, terasa bagian kulitnya masih crunchy dan tidak terlalu berminyak, serta langsung terasa isian kejunya. Saya mengharapkan menemukan isian lainnya pada gigitan berikut, tetapi hanya keju dan keju saja yang saya rasakan sampai habis. Ok, fine, saya suka keju dan rasanya memang enak, namun saya mengharapkan sambosa yang lebih kaya rasa dan spicy seperti tertulis pada menu.


Lentil Soup (IDR 35k)

Creamy soup made of lentils






Saya sampai harus googling dahulu karena penasaran apa itu lentil. Setelah mengetahui bahwa itu sejenis biji-bijian, tertariklah saya mencoba sup lentil. Sup dikemas rapi dalam wadah plastik transparan tahan panas, lalu dibungkus lagi dengan plastic wrap bersama sepotong jeruk nipis (lime) sebagai pelengkap sup. Di kantung kertas terpisah terdapat empat potong roti (dari satu roti bundar yang dibelah menjadi 4) untuk dimakan dengan sup. Lentil soup creamy dan agak kental dengan warna kuning yang tampak lezat. Ketika saya mencicip supnya saja (belum dengan roti), cita rasanya sedikit gurih namun agak kurang asin. Akhirnya saya menambahkan garam, jeruk nipis, dan sedikit bubuk cabai sehingga rasanya menjadi mantap di lidah saya. Roti yang menyertainya adalah sejenis roti pita khas Turki yang disebut roti pide. Termasuk jenis flatbread namun masih menggunakan sedikit ragi (yeast) sehingga teksturnya sedikit empuk meskipun lebih dominan alot/keras. Roti ini enak dimakan dengan dicelupkan ke dalam sup yang masih hangat sehingga lebih lunak lagi dan mudah dikunyah.


Olive Salad (IDR 45k)

Green olives, black olives, olive oil, celery, cauliflower, carrots, sweet peppers, onions, capers, parsley, pepperoncini, oregano, garilc, vinegar, herbs and spices




Saya langsung memilih menu ini karena sangat tertarik dengan komposisi yang tertera di menu. Ketika membuka kotak styrofoam, saya kecewa karena tampak hanya ada green olives dipotong tipis dengan campuran potongan kecil tomat dan herbs. Duh, jauh sekali bedanya dengan yang dijanjikan di menu, ya? Ketika saya cicipi, rasa asin dan aroma olive agak mendominasi, dengan sedikit rasa asam dan pahit sebagai after taste. Sebenarnya saya tidak ada masalah dengan rasa karena memang menyukai olive, namun saya keburu kecewa karena tidak mendapatkan salad dengan isi seperti yang "dijanjikan" di deskripsi menu. Sungguh sangat disayangkan!


Shawarma Chicken Sandwich (IDR 30k)

Chicken meat grilled and shaved then wrapped with bread





Dari semua pesanan saya, inilah highlight-nya! Terbungkus rapi dalam aluminium foil untuk menjaga suhunya, menjadikan saya bisa menikmati chicken wrap ini masih dalam keadaan hangat. Meskipun nama menunya "sandwich", menurut saya lebih tepat disebut "wrap" karena semua isinya dibungkus dalam gulungan flatbread. Aroma grilled chicken-nya enak, dagingnya empuk dan matang dengan baik, serta di-shaved dalam ukuran yang tepat. Isian lainnya enak namun saya tidak dapat mengenali masing-masing bahan karena semuanya telah dicampur semacam bumbu atau saus, namun yang pasti ada french fries di dalamnya! Agak aneh dan unik, namun tidak sampai mengganggu keseluruhan rasa.


Overall untuk rasa makanan dari Istanbul Turkey Restaurant & Cafe saya suka. Hampir semuanya enak dan rasanya sesuai selera, kekurangannya hanya pada salad dan sambosa yang mengecewakan karena yang didapat tidak sesuai deskripsi di menu. Semoga pihak restoran lebih teliti lagi dengan komposisi bahan masakan, dan kalau memang ada perubahan harap deskripsi menunya segera di-update. Jika boleh memberi saran, kemasan makanan yang berupa styrofoam sebaiknya diganti dengan kotak dari bahan foodgrade paper yang saat ini sudah banyak dipakai. Selain lebih praktis jika perlu menghangatkan makanan (bisa langsung masuk ke microwave), juga lebih aman bagi kesehatan dan ramah lingkungan. Tentunya ini bisa meningkatkan value dari restoran yaitu lebih concern pada kesehatan dan lingkungan hidup.

Keesokan harinya ada email dari Foodpanda lagi di inbox saya, isinya survei kepuasan pelanggan. Di email itu kita diminta klik rate dari skala 1-5, kemudian akan langsung terhubung ke survei yang lebih lengkap lagi mengenai pengalaman memesan makanan di Foodpanda. Saya senang dengan adanya survei semacam ini karena berguna untuk meningkatkan kualitas pelayanan ke depannya, oleh karena itu pelanggan diharapkan mengisinya dengan jujur dan apa adanya, ya...




Saya sangat puas menggunakan jasa Foodpanda. Sebagai first timer saya tidak mendapat kesulitan dari mulai memesan hingga menerima makanan, semuanya lancar dan sesuai harapan. Penggunaan website simple dan mudah, layanan customer care yang ramah, delivery tepat waktu, dan kondisi makanan masih hangat/fresh saat diterima. Biaya delivery sebesar rata-rata IDR 15k (ada yang kurang atau lebih) terbilang wajar dan sesuai dengan kualitas pelayanan yang saya dapatkan. Rasa dan mutu makanan dari restoran pun tergolong baik, karena saya percaya Foodpanda tidak sembarangan memilih restoran yang berafiliasi dengannya. 

Sedikit masukan untuk Foodpanda, mungkin akan menarik jika diadakan loyalty programme bagi pengguna setia Foodpanda. Misalnya setiap transaksi akan mendapat loyalty points yang otomatis tercatat di account pelanggan, kemudian setelah terkumpul sejumlah poin bisa ditukarkan free voucher Foodpanda. It's something simple but will attract customer to order from Foodpanda again and again.

As a conclusion, I #xperiencebig with Foodpanda, and would definitely use it again in the future. It's really good value for money, you should try it!


------------------------------------------------UPDATE!------------------------------------------------

Review ini dibuat untuk diikutsertakan dalam Review Competition yang diselenggarakan oleh Foodpanda bekerja sama dengan OpenRice, dan memenangkan Best Review kategori Editor's Choice. 



Hadiah utama berupa Microsoft Lumia 535 DS sudah diterima dari Foodpanda, diserahkan langsung oleh Mr. Sander van der Veen (MD Foodpanda Indonesia) di kantor Foodpanda, Menara Bidakara Jakarta. Thanks, Foodpanda!




Istanbul Turkey Restaurant & Cafe
Jl. Ampera Raya No.7, Kemang, Jakarta
Tel. +6221 7883 6363, 7807 311
Facebook: Istanbul Turkey Restaurant Cafe

Comments

Popular Posts