Experience LIN Nitrogen Ice Cream

Mungkin saya termasuk terlambat mencoba nitrogen ice cream yang tengah menjadi trend hingga kini, namun tak apa... lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali 'kan? Meskipun saat ini telah banyak gerai nitrogen ice cream yang tersebar di penjuru kota, beruntung saya bisa mencoba dari pelopornya alias yang pertama memperkenalkan nitrogen ice cream di Indonesia yaitu LIN Artisan Ice Cream.




Outlet LIN Artisan Ice Cream berlokasi di daerah Kemang yang ramai, tepatnya di jalan Taman Kemang I yang tidak jauh di seberang Kem Chicks Kemang. Bagian depan outlet berpenampilan modern minimalis dengan kombinasi panel kaca dan aluminium hitam yang salah satunya bertulliskan tagline "I Scream Ice Cream!". 




Tampilan di dalam tak kalah menarik dengan detail-detail cantik yang berpadu dengan finishing lantai plesteran semen dan dinding bata ekspos yang dicat putih. Keseluruhan luas outlet memang tidak terlalu besar, sepertiganya merupakan dapur terbuka tempat membuat es krim dan sisanya diisi meja-kursi makan serta sebuah sofa panjang di dekat sudut. Di bagian belakang terdapat pintu penghubung ke area makan outdoor -semacam halaman kecil- yang bersambungan dengan restoran di sebelahnya. Yup, Astrid Hadiwibowo sang pemilik LIN Artisan Ice Cream juga merupakan pemiilk restoran Stacks Burger dan Papabubble candy store. Tak mengherankan jika di setiap outletnya terpajang display permen-permen menarik produksi Papabubble (dan tentu saja dijual).





Di sini es krim baru dibuat saat ada pesanan, sehingga benar-benar fresh dan sehat tanpa bahan pengawet. Pembuatan es krim dapat disaksikan langsung dan menjadi suatu "tontonan wajib" bagi pengunjung, terutama bagi yang baru pertama kali datang seperti saya. Cara pembuatannya terlihat mudah, dan mungkin memang benar-benar mudah, hanya diperlukan pengetahuan dan pengalaman mengenai penggunaan alat dan takaran setiap bahan untuk membuat es krim yang enak. 


Pertama-tama bahan es krim seperti susu, cream, dan bahan lain (sesuai rasa yang dipilih) diaduk dengan mixer. Setelah tercampur baru ditambahkan liquid nitrogen lalu diaduk lagi dengan mixer dan.. voila! Es krim pun siap disantap! Penggunaan liquid nitrogen memang menjadikan proses pebuatan es krim menjadi lebih mudah dan cepat, juga tidak berbahaya bagi kesehatan karena mudah menguap di udara sehingga tidak masuk ke tubuh kita saat es krim dimakan.



 
Cheesy Cheese with Strawberry Bites (IDR 41k)
Dalam daftar menu, varian Cheesy Cheese diberi tanda favorit, dan menurut waitress pun katanya memang paling sering dipesan. Ok, saya pun harus mencobanya! Sempat sedikit khawatir jika rasanya menjadi machtig seperti cheese cake, ternyata dugaan saya tak terbukti. Es krimnya masih terasa light dan segar dengan adanya potongan strawberry segar yang membeku dan bercampur dengan adonan es krim. Manisnya pas, teksturnya lembut dan creamy, serta seberkas rasa asam dan gurih dari cream cheese. Enak dan segar!





The Ultimate Dark Chocolate with Chocolate Chips (IDR 39k)
If you're a chocolate lover, then you MUST try this one! Sebagai penggemar berat coklat, saya hampir selalu tergoda untuk mencicipi es krim coklat, meskipun kadang rasa es krim coklat tidak jauh berbeda dimana-mana. Ternyata, varian Choco Chips di Lin Artisan Ice Cream melebihi dugaan saya. Saya suka tampilan warnanya yang coklat gelap, membuat saya membayangkan rasa dark chocolate yang agak pahit namun enak. Rasa coklatnya pekat dan bagusnya tidak terlalu manis, justru lebih cenderung ke rasa dark chocolate  Di dalam es krim terdapat serpihan dark chocolate yang sudah hancur dan menyatu dalam adonan sehingga menambah mantap keseluruhan rasa es krimnya. Great!





Merry Strawberry (IDR 39k)
Saya sengaja memesan satu varian dari kategori sorbet sebagai "penyegar". Sorbet strawberry saya bayangkan asam manisnya cukup kuat dan tidak creamy, sehingga bisa menetralisir rasa susu dari kedua jenis es krim lainnya. Tepat seperti harapan saya, es krim yang dibuat tanpa susu dan cream ini rasa asam manisnya memang segar dan balance. Dari tampilan pun Merry Strawberry terlihat menarik dengan warna merah agak muda yang memberi kesan fresh, meskipun memang tidak semerah yang pernah difoto oleh teman food blogger saya.






Akhirnya kesampaian juga saya mencoba nitrogen ice cream yang sedang ngetrend ini. Puas karena bisa mencoba di pelopornya dan rasanya sungguh tidak mengecewakan. Harga es krim terbilang wajar, besar porsinya sesuai, serta pelayanan yang ramah dan komunikatif menjadikan customer tidak kapok untuk kembali lagi dan lagi ke outlet 
Lin Artisan Ice Cream yang nyaman dan menyenangkan untuk segala usia. 

P.S. Saya masih penasaran dengan menu alcoholic ice cream-nya, jadi saya pasti akan kembali ke sini. See you!


Lin Artisan Ice Cream
Jl. Taman Kemang I No. 6
Tel. +6221 7179 4393, +628211 3870888
Facebook: LIN Artisan Ice Cream     Twitter: @linicecream

Comments

Popular Posts