Mencicipi Pempek Candy Asli Palembang

Berkat bantuan seorang teman, akhirnya saya bisa mencicipi Pempek Candy dari Palembang yang katanya terkenal itu. Teman kantor saya yang sering tugas ke luar kota tidak selalu bisa dititipi, kadang saya terlambat mengetahui kalau dia sedang tugas ke Palembang (karena kami beda divisi, jadi saya tidak tahu jadwal kerjanya), atau terkadang kuota bagasinya sudah penuh karena banyak yang nitip juga. Memang rupanya baru kali ini giliran saya, tak apa!

Menurut teman saya, Pempek Candy sudah menyediakan paket-paket pempek dengan isi yang bisa dipilih. Untuk mempermudah karena banyak yang nitip, teman saya hanya memesankan satu macam paket saja tetapi tetap bisa request pilihan isinya. Saya khusus request hanya 2 jenis pempek yang menjadi favorit keluarga yaitu pempek kapal selam dan pempek adaan.




Singkat cerita, Pempek Candy dari Palembang sampai di tangan saya. Dikemas rapi dalam sebuah kotak kardus yang khusus dibuat untuk paket pesanan. Rupanya merk pempek ini memang sudah biasa melayani pesanan untuk dibawa hingga ke luar kota atau dikirim sebagai oleh-oleh.

Paket Pempek Rp 75.000,-
Isi 4 pempek telor (kapal selam) besar dan 8 pempek adaan





Untuk pempek yang akan dibawa ke luar kota sudah dilumuri tepung kanji (aci) agar tidak mudah basi. Ini memang sudah menjadi "standar pengemasan" pempek agar bisa bertahan lebih lama tanpa disimpan dalam pendingin. Pempek dan kuah cuko masing-masing dibungkus dalam plastik dua lapis tertutup rapat, terbukti tidak ada yang bocor saat sampai di tujuan. Di dalam dus terdapat pula sepotong kertas berisi informasi mengenai tepung aci yang melumuri pempek dan cara penyimpanan jika tidak langsung dikonsumsi yaitu harus disimpan dalam freezer. Bagaimana dengan rasanya? Mari kita telusuri lebih lanjut:

Pempek Telor Besar
Dikenal juga sebagai pempek Kapal Selam, dan biasanya terdapat dua ukuran yaitu yang besar dan kecil. Biasanya saya lebih memilih makan satu pempek kapal selam besar daripada beberapa pempek kapal selam kecil. Apa pasal? Kapal selam besar lebih mantap dengan isi kuning telur di dalamnya yang juga besar. Ketika memesan, saya tidak request yang besar maupun kecil agar tidak merepotkan teman yang membelikan, ternyata… di paket isinya pempek kapal selam besar, tepat seperti keinginan saya.






Pempek Adaan
Si pempek berbentuk bola ini merupakan favorit saya dan keluarga karena paling kuat terasa ikannya dan bertekstur lebih lembut dari yang lain. Setiap mencoba pempek di mana pun pasti saya mencari jenis adaan jika tersedia. Sesuai harapan, adaan dari Pempek Candy ternyata memang enak rasanya. Aroma ikan tenggiri nyata terasa, teksturnya kenyal empuk, dan lebih enak lagi setelah digoreng sebentar sehingga bagian luarnya agak kering kecoklatan.






Cuko
Pempek dan cuko adalah satu kesatuan. Oleh karena itu tidak bisa disepelekan pula rasa cuko pempek yang menyertainya. Saya sering harap-harap cemas dengan rasa cuko setiap mencoba pempek baru. Untuk Pempek Candy ini ternyata cuko-nya tidak mengecewakan. Aroma bawang putih dari cuko sangat kuat, bahkan sudah tercium sejak kardus packaging-nya belum dibuka. Sebagai penggemar bawang putih tentu saya suka, apalagi perpaduan rasanya secara keseluruhan balance antara asam, manis, pedas, dan bawang putihnya.





Pempek ini dapat bertahan cukup lama jika disimpan di dalam freezer dan masih dilumuri aci. Saya membuktikannya sendiri, kira-kira sehari semalam sejak teman saya membawanya dari Palembang hingga sampai ke tangan saya plus 4 hari di freezer di rumah. Ketika dikeluarkan dari freezer, langsung saya cuci bersih untuk menghilangkan tepung aci, dikukus sebentar, kemudian digoreng dalam minyak panas. Hasilnya… pempek tetap empuk, teksturnya lembut, dan yang terpenting rasanya tetap enak. Kuah cuko pun cukup dipanaskan hingga mencair dan rasanya tetap mantap.






Di dalam dus paket memang tidak terdapat pelengkap lain seperti potongan ketimun, bubuk ebi, mie, ataupun tambahan sambal. Bisa dimengerti, karena paket ini lebih diutamakan untuk dibawa keluar kota, jadi bahan-bahan yang mudah basi/rusak tidak mungkin disertakan. Jadi, jika ingin makan pempek dengan lengkap harus menambahkan sendiri pelengkapnya. Untuk saya pribadi minimal harus ada potongan ketimun yang memberikan rasa segar. Jika ingin lebih kenyang bisa ditambahkan pula mie kuning rebus. Kuah cuko yang diberikan cukup pekat sehingga masih mencukupi jika kita menambahkan sedikit bahan pelengkap tersebut.


Selesai menikmati sepiring pempek hingga tuntas, saya berkesimpulan bahwa Pempek Candy ini memang enak. Rasa ikan tenggiri dan perpaduan bumbunya pas, tidak berlebihan, dan tidak banyak menggunakan penyedap rasa. Dari segi harga menurut saya sesuai dengan kualitas pempek, bahkan tergolong lebih murah dibandingkan pasaran harga pempek di Jakarta dengan kualitas yang setara. Harga Rp 75.000,- untuk 4 buah pempek kapal selam besar dan 8 buah pempek adaan, that's really a good deal! Tak mengherankan jika Pempek Candy sudah dikenal luas dan menjadi salah satu oleh-oleh "incaran" dari Palembang. 

Iseng, saya coba browsing mengenai merk pempek ini dan menemukan sebuah web page pemesanan Pempek Candy langsung dari toko pusatnya di Palembang. Web page ini resmi dari Pempek Candy dan menjamin harga jualnya sama dengan di Palembang. Harga dan rincian isi setiap paket tertera dengan jelas, lengkap dengan cara order, ongkos kirim dengan JNE ke setiap kota, serta nomor resi setiap paket yang telah dikirim. Ketika saya cocokkan dengan paket yang dibelikan teman saya, ternyata harganya memang sesuai. Bagi Anda yang ingin menikmati pempek asli Palembang tanpa harus ke kota asalnya, pemesanan online ini sangat praktis dan membantu. Penasaran? Silakan dicoba saja...

Meskipun sudah ada fasilitas pemesanan online, suatu saat bila berkesempatan mengunjungi Palembang saya tetap ingin menyambangi salah satu cabangnya untuk menikmati seporsi pempek lezat, langsung di tempat asalnya!


Pempek Candy
Online order: http://pesan.pempekcandyonline.com

Comments

  1. Aah mantaf tuh kayaknya pempeknya jadi lapar haha :D
    Kalo di Jogja nyari yang kaya gini ada gak yah? pake Rental Mobil Jogja Semberani deh nyarinya ahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba pesan online saja sis, saya sudah pernah coba pesan online dari Palembang langsung dan sukses, layanannya juga memuaskan.

      Delete
  2. Sekarang sudah ada oleh2 lebih praktis dan tahan lama asli palembang yaitu Tepung pempek ikan instan SaeFood. Sudah ada ikannya. Cuma tinggal tambah air mendidih dan garam saja.
    Coba cek di www.tepungpempekikan.com

    Hope it helps ^^

    ReplyDelete
  3. Sekarang sudah ada oleh2 lebih praktis dan tahan lama asli palembang yaitu Tepung pempek ikan instan SaeFood. Sudah ada ikannya. Cuma tinggal tambah air mendidih dan garam saja.
    Coba cek di www.tepungpempekikan.com

    Hope it helps ^^

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts