Talkshow Kesehatan Bersama Good Housekeeping Magazine

Saya senang bisa ikut serta dalam acara bertajuk Talkshow "Be Sparklling, Be Yourself" yang diadakan oleh majalah Good HouseKeeping bekerja sama dengan Formula. Berawal dari sebuah email blast kemudian saya mendaftar, dan ternyata masih kebagian kuota karena disebutkan bahwa tempat sangat terbatas.


Demikianlah, hari Sabtu pagi saya sudah di Plaza Indonesia, tepatnya di restoran Lada Merah yang terletak di lantai LB. Saya datang hampir pas pada jam yang tertera di undangan, tetapi ternyata saya sama sekali tidak terlambat, malah akhirnya menunggu cukup lama sebelum acara dimulai. Artinya? Ya, acaranya ngaret! Well, typical Indonesians! *sigh*





Sambil duduk menunggu saya mengamati interior resto. Sayangnya saya tidak bisa beranjak dari tempat duduk untuk foto-foto karena hanya datang sendirian, tidak ada yang bisa dititipi "menjaga" kursi yang sudah saya pilih ini. Sesuai tagline "Indonesian Cookery", restoran ini menata interiornya bergaya Indonesia tempoe doeloe yang tetap dipadu dengan unsur modern. Mewakili gaya tempoe doeloe adalah kursi-kursi kayu bergaya klasik, sebuah lemari pajang kuno berisi berbagai perabot jadoel, dan lantai bermotif di area pintu masuk resto yang saya suka sekali warnanya. Sisanya seperti lampu gantung, saluran AC di bagian atas yang dibiarkan terbuka, dan tiang-tiang ber-finishing plesteran semen menurut saya justru lebih berkesan modern-industrial

Area resto terbagi menjadi dua yaitu bagian teras dan ruangan di dalam yang lebih luas, di antara kedua bagian dibatasi pintu kaca dengan list hitam. Untuk acara talkshow ini seluruh ruangan dalam telah di-booked, sedangkan area teras bisa untuk customer umum.



Acara dibuka oleh MC Amy Zein yang "rame" dan luwes berkomunikasi dengan penonton sehingga suasana jadi meriah. Diawali kata sambutan dari Asteria Elanda selaku Editor-in-Chief Good HouseKeeping Indonesia, kemudian barulah mulai berbincang-bincang dengan kedua bintang tamu atau narasumber.



Narasumber yang hadir di talkshow ini adalah 2 orang yang sudah cukup terkenal yaitu:
  • Risty Tagor, selebritis yang sudah cukup lama dikenal luas oleh masyarakat dan hingga kini masih aktif tampil di layar kaca meskipun telah berkeluarga dan mempunyai anak.
  • dr. Phaidon L. Toruan, dikenal sebagai Anti Aging Lifestyle Doctor dan aktif mengedukasi masyarakat untuk hidup sehat secara alami melalui pola makan sehat dan olahraga. Salah satu ulasan mengenai dr. Phaidon dapat dibaca di sini dan website beliau www.binaraga.net.

Risty Tagor lebih banyak sharing mengenai pengalamannya terutama dalam menurunkan berat badan setelah melahirkan, dan semuanya diperoleh dengan cara alami tanpa metode pelangsingan instan. Dr. Phaidon banyak memberikan pengetahuan dan tips untuk hidup lebih sehat terutama dengan mengatur asupan makanan dan olahraga yang menjadi spesialisasi beliau. Prinsipnya, makanan sehat, olahraga teratur, dan pikiran sehat menjadikan tubuh kita sehat pula, bonusnya sekaligus jadi lebih langsing dan awet muda. Rasanya ini impian semua orang, ya… mau tahu rahasianya? Berikut adalah cara hidup sehat menurut dr. Phaidon:
  1. Menghindari gula, karena gula dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Efek yang langsung terlihat adalah semakin banyak asupan gula akan menjadikan wajah berkerut dan terlihat lebih tua. Sebagai alternatif gula pasir bisa diganti dengan gula aren, madu, atau stevia (jenis daun yang memiliki rasa manis).
  2. Beralih ke karbohidrat kompleks, yaitu karbohidrat kaya serat yang bisa didapatkan dari beras merah, oatmeal, roti gandum, dan spaghetti.
  3. Makan buah 3x sehari, dan yang benar seharusnya SEBELUM MAKAN. Sebagian besar orang terbiasa makan buah setelah makan, padahal buah lebih banyak manfaatnya jika dikonsumsi sebelum makan. Selain kita merasa lebih kenyang, buah-buahan mengandung kromium yang akan menjadikan kadar gula darah stabil dan pencernaan lebih lancar.
  4. Bebas minyak gorengan, karena minyak yang dipanaskan akan menjadi lemak jenuh yang tidak baik bagi kesehatan. Daripada makanan yang digoreng lebih baik di-steam atau di-grill.
  5. Olahraga, tidak perlu olahraga berat atau harus dengan alat-alat tertentu, tetapi sebaiknya teratur.

Cukup simple sebenarnya langkah-langkah hidup sehat ini, ya? Untuk penjelasan lebih lengkapnya bisa dibaca di sini. Yuk, mari dipraktekkan langsung supaya kita sehat, langsing, plus tampak awet muda!




Narasumber terakhir pada talkshow ini adalah Ms. Yuna Eka Christina, perwakilan dari Formula (Orang Tua Group). Beliau menjelaskan secara mengenai pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut, serta keunggulan produk-produk Formula. Dalam kesempatan ini Formula juga menjual paket-paket produk dengan special price alias diskon menarik yang hanya pada hari itu saja.

Talkshow diakhiri dengan pembagian hadiah untuk best dressed dan pemenang doorprize, lalu seperti setiap acara dimana pun, foto bersama tidak boleh dilupakan. Karena keterbatasan panggung dan banyaknya peserta, photo session sampai harus dibagi menjadi dua kelompok.

Selesai seluruh acara tibalah saat makan siang yang pastinya sudah ditunggu semua peserta. Terbukti dengan ganasnya mereka menyerbu hidangan yang ada. Sebagian besar langsung mengambil hidangan prasmanan sampai antriannya mengular panjang. Saya malas melihat antrian sedemikian panjang, jadi hanya mengantri untuk mengambil es buah, pudding, dan sup sambil menunggu antrian makanan utama mereda.



Es buah cukup enak dan menyegarkan, tentunya akan lebih enak kalau dalam keadaan dingin (ditambah es batu lagi). Buah yang digunakan standar saja yaitu semangka merah, melon, dan nanas yang dipotong dadu. Kalau biasanya es buah menggunakan gula pasir atau sirup, yang ini memakai gula merah sehingga warnanya kecoklatan. Rupanya ini menyesuaikan dengan tips dari dokter Phaidon tadi ya, dimana gula merah lebih baik untuk kesehatan dibanding gula pasir. Saya pun kali ini mengikuti tips beliau yaitu makan buah lebih dahulu sebelum makan… *wink*

Pudding yang tersedia ada dua macam yaitu pudding coklat dan pudding coklat dengan campuran potongan buah di bagian atasnya. Pudding sudah disajikan dalam cup plastik dan vla terpisah dalam plastik ziplock kecil sehingga lebih praktis. 

Sup-nya juga merupakan menu sehat yaitu kuah kaldu bening dengan bihun rebus, potongan daging sapi, dan potongan bengkuang. Sup ini cukup enak, light, dan yang penting dagingnya tanpa lemak sehingga bisa saya makan.


Menu prasmanannya tidak sempat saya foto karena di awal masih tertutup atau ada yang belum siap, belakangan sudah keburu diserbu ibu-ibu kelaparan yang mengambil makanan dengan ganasnya. Saya sendiri karena mengantri hampir paling akhir hanya kebagian nasi putih, mie goreng, dan ayam goreng. Menu utama yang saya coba ini semua rasanya standar saja, nasinya tergolong pera untuk ukuran saya dan ayam gorengnya keras. Dari segi pelayanan resto ketika itu juga kurang sigap, terutama dalam membereskan piring-piring kotor yang teronggok di bawah kursi. Karena lama belum diambil, banyak yang tersenggol ketika orang berjalan di antara kursi lalu tumpah mengotori lantai. Untuk menu makanan yang cepat habis saya menyadari ini bukan kesalahan resto karena tergantung pesanan jumlah porsi dari pihak penyelenggara (dan seberapa rakus peserta yang mengambil makanan).

Saya agak kecewa dengan akhir acara yang cenderung kacau dan chaos seperti ini, tapi tidak apalah karena yang penting adalah tambahan pengetahuan yang saya peroleh. Sebelum pulang masing-masing peserta juga mendapat Goody Bag dari sponsor yang berisi sikat gigi, pasta gigi, dan mouthwash dari Formula, serta merchandise dari majalah Good HouseKeeping


Lada Merah
Plaza Indonesia, LB 27-27A 
Jl. MH Thamrin Kav. 28-30, Jakarta
Tel. 62-21 2992 3854

Comments

Post a Comment

Popular Posts