Jun Njan Restoran Favorit Keluarga

Setelah sempat panik karena kompie tuaku tiba-tiba mati dan benar-benar harus pensiun, maka inilah review pertama yang di-posting menggunakan kompie baru.. enjoy!


Menempati lokasi baru di level 3A, satu lantai di bawah tempat lamanya di West Mall Grand Indonesia, Jun Njan yang baru lebih luas dan mempunyai beberapa private room. Ketika kami datang siang itu, antrian waiting list cukup ramai. Saya jadi agak menyesal karena tidak reservasi sebelumnya. Antrian panjang itu sempat membuat 'gentar', tapi saya mendaftar juga ke reception, dan katanya… tempat untuk 4 orang masih waiting list ke-5. Hadeuhh.. berapa lama nunggunya nih? Ya sudah, kami tunggu saja.. eh, tak berapa lama kami pun dipanggil! Ha, what a lucky moment! Rupanya memang meja untuk 4 orang sudah ada yg kosong lebih dahulu. Leganya kami bisa mendapat tempat, mengingat sudah lumayan laperrr.. hehe. Ketika awal duduk, meja kami masih kosong tanpa peralatan makan, rupanya memang baru saja dibersihkan, tapi tak lama beberapa waitress yang sigap telah menata meja kami. Tak membutuhkan waktu lama untuk memilih menu, karena kami sudah beberapa kali ke Jun Njan.

Sup Asparagus Telur Kepiting (IDR 32k)
Appetizer ini salah satu menu favorit kami di Jun Njan. Disajikan dalam porsi personal tapi cukup banyak jika dihabiskan sendirian, maka kami hanya pesan 2 porsi untuk berempat. Supnya kental dengan campuran putih telur dan warnanya orange kecoklatan yang larut dari telur kepiting, dan di dalamnya ada potongan-potongan asparagus kalengan. Sup harus dimakan saat masih hangat karena akan lebih enak rasanya, hangat di perut, dan gurih di lidah. Yummy!




Udang Rebus (Small = IDR 68k, Medium = IDR 98k, Large = IDR 138k) 
Merupakan 'menu wajib' kami kalau makan di sini, karena memang merupakan signature dish Jun Njan yang paling populer, bahkan sejak masa kecil saya. Menu ini tersedia dalam 3 ukuran yaitu S, M, L jadi bisa disesuaikan porsinya dengan jumlah orang. Kami pilih size M supaya bisa makan sepuasnya hehe.. Udangnya fresh seperti biasa, ditandai dengan teksturnya masih kenyal, warnanya orange cantik dan mudah dikupas. Udang rebus ini dimakan dengan cocolan sambal garlic racikan khas Jun Njan yang tidak terlalu pedas. Rasa manis alami dari udang segar berpadu dengan aroma garlic dari sambalnya terasa pas dan enak, jadi tak mau berhenti makan nih, kupas lagi, lagi, dan lagi... Satu kebiasaan pribadi yang mungkin berbeda dari orang lain, saya selalu mengupas udang di awal sampai terkumpul agak banyak, baru kemudian memakannya sekaligus. Buat saya jadi lebih fokus dalam menikmati rasa udangnya.





Tahu Spesial Jun Njan (IDR 46k)
Tahu sutra dimasak dengan saus tiram racikan spesial Jun Njan, rasanya hampir seperti sapo tahu. Tahunya lembut dan sedikit gurih, sedangkan kuah saus tiramnya kecoklatan agak kental dan pastinya enak.




Kailan Saus Tiram (IDR 48k)
Menu sayur harus ada untuk menyeimbangkan menu, maka kami pilih kailan yang dimasak dengan saus tiram. Meskipun sederhana, menu ini enak. Kami suka kailannya yang masih berwarna hijau segar tetapi renyah dan tingkat kematangannya pas, berarti nutrisinya tidak hilang atau rusak karena terlalu lama dimasak. Bumbu saus tiram yang disiramkan di atas kailan berwarna coklat gelap, kentalnya pas, dengan rasa asin, sedikit manis, dan pastinya gurih.. enak sekali. Rasanya sayang kalau bumbunya sampai bersisa… hehe..




Udang Telur Asin (IDR 88k)
Kami tahu menu ini berkolesterol tinggi, tapi rasanya yang enak sungguh menggoda, jadi guilty pleasure deh.. Udang yang cukup besar digoreng dengan tepung tipis sampai kulitnya crispy, lalu disiram saus yang terbuat dari kuning telur asin. Awalnya saya makan dengan mengupas kulit udangnya, tapi kata nyokap justru akan lebih enak jika dimakan sekaligus dengan kulitnya. Baiklah, saya coba makan dengan kulitnya (don't worry, setelah saya amati ternyata kaki udangnya sudah dibuang bersih). Benar juga… crispy-nya kulit udang, kenyalnya daging udang yang bercampur gurih saus telur asin menjadi perpaduan rasa dan tekstur yang top abiz, plus tidak perlu repot mengupas! 




Gurame Goreng Garing (IDR 72k)
Ikan gurame digoreng kering dengan cara 'butterfly' sehingga mudah mengambil dagingnya. Sirip dan ekor ikannya crispy sekali sehingga enak dimakan juga. Saus asam manisnya berisi cukup banyak serutan wortel dan lobak yang sudah dibuat acar lebih dahulu, rasanya pas tidak terlalu asam ataupun manis. Isian wortel dan lobaknya memberikan aroma yang khas sehingga menjadikan saus asam manis ini lain dari yang lain.




Nasi Goreng Jun Njan (Small = IDR 35k, Medium = IDR 55k, Large = IDR 75k) 
Menu nasi goreng ini juga tersedia dalam 3 ukuran yaitu S, M, L dan kami memilih size S yang sekiranya pas untuk dihabiskan bersama setelah cukup kenyang dengan menu-menu lainnya. Sengaja kami tidak pesan nasi putih karena nasi goreng Jun Njan terkenal enak dan menjadi salah satu menu wajib kami juga. Nasi goreng chinese style berwarna kuning kecoklatan, dengan isian seafoodnya hanya udang saja, pas dengan kesukaan saya ;). Nasi goreng ini disukai oleh semua anggota keluarga karena rasanya pas dan lezat, tapi tidak sampai terlalu gurih karena kebanyakan MSG atau 'banjir' minyak.




Untuk minumannya kami hanya memesan Chinese Tea dan Strawberry Juice (IDR 25k) saja. Chinese tea-nya disajikan dalam poci dan refillable, sedangkan strawberry juice-nya dari fresh strawberry dan tanpa tambahan susu, tepat seperti kesukaan saya.

Makan di resto favorit keluarga pastinya menjadi "pilihan aman" karena sudah pasti semua suka, semua kenyang dan senang, termasuk saya juga. Menu yang sudah familiar, rasa makanan yang enak, serta pelayanan yang ramah dan cekatan menjadikan acara makan siang keluarga kami berakhir menyenangkan.




Jun Njan
Grand Indonesia Shopping Town
West Mall Lt. 3A Unit 8-9A (Entertainment District)
Jl. MH Thamrin No. 1 Jakarta
Phone: +62 21 23580647/48
Website: www.junnjan-seafood.com   Facebook: Jun Njan Seafood   Twitter: @JunNjan

Comments

Popular Posts