Yummy Mexican Food at TJ's

Penelusuran saya dan nyokap mencari salah satu resto legendaris di sekitar Legian ini sayang juga jika tidak didokumentasikan, meskipun tahun kunjungannya sudah lama, 2010.

Tak disangka, resto yang sedemikian terkenal, masuk food review dimana-mana, lokasinya berada di jalan kecil yang lebih menyerupai gang. Anyway, Poppies Lane merupakan gang yang ngetop di Bali, jadi meskipun kecil tetap ramai oleh turis lokal maupun internasional. Demikian halnya dengan resto Mexico yang satu ini. 

TJ's Mexican Bar & Restaurant, sudah beroperasi lebih dari 25 tahun lamanya, dan tetap eksis sampai sekarang. Bangunannya merupakan rumah pribadi pemiliknya yang kini telah digunakan hampir seluruhnya untuk resto. Pengelolaannya pun sepertinya masih dijalankan oleh keluarga secara turun temurun, tentunya dengan dibantu karyawan juga.

Suasana asri dan homey sangat terasa saat memasuki resto, juga tidak terasa lagi teriknya matahari di Kuta yang kami rasakan ketika berjalan kaki menuju kemari. Meja dan kursi makannya terbuat dari kayu dengan design simple klasik yang berkesan sederhana. Di salah satu sudut ada kolam ikan yang di atasnya terbuka (tidak beratap), di sisi-sisinya digantungkan beberapa sangkar burung membuat makin terasa seperti di rumah. Kami bisa bebas memilih meja karena datang setelah lewat jam makan siang, jadi resto sedang sepi dengan hanya dua meja lain yang terisi tamu. Kami memilih meja yang paling dekat dengan kolam, di bagian rumah yang lantainya lebih tinggi dari lainnya. Posisi meja kami pun lebih tinggi dari kolam sehingga pemandangannya lebih bagus lagi. Kami membayangkan alangkah nikmatnya makan sambil menghadap ke kolam yang asri dengan kicauan burung menemani.

Agak lama kami memilih-milih menu, terutama melihat-lihat fotonya karena kami masih "buta" makanan Meksiko. Sering dengar namanya sih iya, tapi belum pernah mencoba sama sekali... jadi kami pun dengan cermat membaca ingredients-nya agar dapat membayangkan kira-kira rasanya seperti apa nanti. Berikut pilihan kami:


TJ's Nachos (IDR 30k)

Tortilla chips yang di-grilled, dengan topping refried beans, melted cheese, salsa dan mild jalapeno. Kami suka sekali dengan appetizer yang satu ini, karena melted chesse-nya tidak pelit dan jalapeno-nya tidak terlalu pedas walaupun masih terlihat seperti cabe segar. Rasanya sungguh pas dari asin, manis, sedikit asam, sedikit pedas, dan crunchy dari tortilla chips yang memberi kekayaan rasa dan tekstur saat kita memakannya. Enaknya.. dan tak terasa tiba-tiba sudah habis saja seluruh isi piringnya.. hehe..






TJ's Combination Plate (IDR 50k)
Gabungan dari 2 menu yaitu Chicken Taco (crisp corn tortilla) dan Beef Enchilada (soft flour tortilla) dihidangkan bersama mexican rice dan refried beans. Sebetulnya Chicken Taco dan Beef Enchilada ada menu terpisahnya masing-masing, tapi buat kami yang memang ingin mencoba-coba, tentunya menu kombinasi ini adalah pilihan tepat. Jangan tertipu dengan penampilannya yang berkesan berantakan ini, karena rasanya cukup memuaskan. Jika harus memilih diantara kedua jenis ini, saya pribadi lebih menyukai Chicken Taco karena unsur crunchy-nya, juga karena saya lebih suka chicken dibanding beef. Beef Enchilada-nya bukan berarti tidak enak, tapi kembali lagi ini masalah selera saja. Untuk Mexican Rice-nya terasa agak keras (pera) bagi saya yang lebih suka nasi lunak, tapi masih bisa ditoleransi alias habis juga.







Mango Cheese Cake with Raspberry Coulis (IDR 25k)
Sebagai menu penutup, dari awal tadi kami sudah mengincar mango cheese cake ini. Kami membayangkan cheese cake yang segar dengan rasa buah mangga, apalagi ada raspberry coulis pasti tambah 'greget'... Ketika menu itu datang dan kami coba, ternyata memang benar! Cheese cake sama sekali tidak eneg karena segarnya rasa buah. Terdapat potongan-potongan kecil buah mangga di dalamnya, memberikan tekstur diantara kelembutan cheese cake. Raspberry coulis-nya cukup pekat dan rasanya balance antara asam dan manis, cocok dipadukan dengan cheese cake. Rasanya kami ingin tambah lagi, hanya sayang perut sudah tidak bisa menampung. Hmm.. mungkin cheese cake ini akan menjadi alasan kami kembali lagi ke sini suatu saat nanti.




Kami sangat puas makan di sini, ternyata pengalaman dan nama besar TJ berbanding lurus dengan cita rasa makanannya. Harga makanan termasuk affordable, sesuai dengan kuantitas dan kualitas yang kami dapatkan. Pelayanannya ramah dan cukup cekatan. Oh ya, di area depan dekat pintu masuk juga ada semacam toko kecil yang menjual bumbu-bumbu mexico dalam botol, siap dipakai untuk memasak. Kami pun akhirnya membeli satu botol bumbu taco untuk nanti coba-coba memasak ala Mexico di Jakarta. Adios!


TJ's Mexican Bar & Restaurant

Poppies Lane 1 No. 24, Kuta, Bali
Phone: +62 361 751093

Website: www.tjsbali.com

Comments

Popular Posts